Teknodaim.com

Tahun Depan, Android Versi Lawas Terancam Tak Bisa Akses Internet!

Android 7.1.1 Kebawah Tidak Lagi Bisa Akses Situs Web Aman
Android 7.1.1 Kebawah Tidak Lagi Bisa Akses Situs Web Aman

Kabarnya, smartphone lawas dengan Android versi 7.1.1 kebawah tidak akan lagi bisa mengakses situs web yang aman tahun depan, tepatnya pada tanggal 11 Januari mendatang. Hal ini sendiri disebabkan oleh otoritas root certificate milik Let’s Encrypt tidak akan bekerjasama lagi dengan otoritas certificate milik IdenTrust.

Hal ini sendiri terjadi akibat dampak dari kebijakan sertifikasi terbaru Let’s Encrypt. Kebijakan tersebut mengharuskan Android versi 7.1.1 atau Nougat kebawah untuk segera mengupdate sistem operasi mereka. Jika pengguna Android yang masih menggunakan versi lawas tersebut tidak segera mengupdate sistem operasinya, smartphone mereka tidak akan lagi bisa menelusuri internet secara aman.

Sertifikasi Terbaru Let's Encrypt
Sertifikasi Terbaru Let’s Encrypt | SSL Indonesia

Kabar ini sendiri memang tidak terlalu mengejutkan bagi para pengguna Android versi lawas. Mengingat Android 7.1.1 sendiri sudah lama diluncurkan secara global, yaitu sekitar 4 tahun lalu. Rata-rata developer pun sudah mulai berhenti mendukung sistem operasi tersebut. Sekarang kebanyakan orang lebih mendukung Android versi 9 keatas.

JANGAN LEWATKAN •
5 Tips Menghilangkan Virus di Android Tanpa Aplikasi!

Aplikasi Untuk Akses Situs Web Secara Aman

Sebenarnya ada sebuah cara dimana pengguna Android lawas masih bisa mengakses internet secara aman. Namun banyak orang yang mengatakan solusi tersebut tidak akan membantu pengguna dalam fungsionalitas di luar browser.

Untuk bisa menikmati internet aman di Android versi 7.1.1 ke bawah, pengguna dapat menginstal aplikasi browser Firefox. Android versi tersebut dapat mengakses internet aman di Firefox, dikarenakan Let’s Encrypt menggunakan sertifikat store miliknya sendiri di aplikasi itu.

Jumlah Pengguna Smartphone Android 7.1.1

Bagi yang belum tau, saat ini terdapat lebih dari 1/4 atau sekitar 33 persen pengguna Android yang masih menggunakan versi Android 7.1.1 ke bawah di seluruh dunia. Masalah internet aman ini memang sangat disayangkan, namun pengguna Android versi lawas harus tetap tenang.

Ilustrasi Logo Android Nougat
Ilustrasi Logo Android Nougat | The Verge

Karena Firefox masih mengizinkan akses untuk mengakses situs yang aman. Untuk kedepannya, mungkin aplikasi browser lainnya juga akan memperbolehkan Android versi 7.1.1 ke bawah untuk mengakses situs dengan aman.

JANGAN LEWATKAN •
Secara Tak Sengaja, Google Bocorkan Tanggal Perilisan Android 10

Sepertinya, para penikmat smartphone versi lawas harus menerima hal ini. Karena sekarang memang sudah saatnya untuk upgrade ke sistem operasi yang lebih baru. Mungkin masalah tersebut juga adalah salah satu rencana mereka untuk membuat pengguna menggunakan smartphone yang baru.


Makin update dengan berita Teknologi! Yuk subscribe ke channel Teknodaim DISINI dan Instagram Teknodaim DI SINI! Bakal ada banyak hal menarik yang bakal Dibahas dan ada banyak kejutan Menarik menanti kalian 😀


 


Sumber : IndoZone


Review Black Shark 3, Smartphone Gaming Terbaik saat ini?


NB: Subscribe channel Teknodaim agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.