Teknodaim

    Tahun Depan, Android Versi Lawas Terancam Tak Bisa Akses Internet!

    Kabarnya, smartphone lawas dengan Android versi 7.1.1 kebawah tidak akan lagi bisa mengakses situs web yang aman tahun depan, tepatnya pada tanggal 11 Januari mendatang. Hal ini sendiri disebabkan oleh otoritas root certificate milik Let’s Encrypt tidak akan bekerjasama lagi dengan otoritas certificate milik IdenTrust. Hal ini sendiri terjadi akibat dampak dari kebijakan sertifikasi terbaru […]

    Android 7.1.1 Kebawah Tidak Lagi Bisa Akses Situs Web Aman

    Android 7.1.1 Kebawah Tidak Lagi Bisa Akses Situs Web Aman | DIALEKSIS

    Kabarnya, smartphone lawas dengan Android versi 7.1.1 kebawah tidak akan lagi bisa mengakses situs web yang aman tahun depan, tepatnya pada tanggal 11 Januari mendatang. Hal ini sendiri disebabkan oleh otoritas root certificate milik Let’s Encrypt tidak akan bekerjasama lagi dengan otoritas certificate milik IdenTrust.

    Hal ini sendiri terjadi akibat dampak dari kebijakan sertifikasi terbaru Let’s Encrypt. Kebijakan tersebut mengharuskan Android versi 7.1.1 atau Nougat kebawah untuk segera mengupdate sistem operasi mereka. Jika pengguna Android yang masih menggunakan versi lawas tersebut tidak segera mengupdate sistem operasinya, smartphone mereka tidak akan lagi bisa menelusuri internet secara aman.

    Tahun Depan, Android Versi Lawas Terancam Tak Bisa Akses Internet!
    Sertifikasi Terbaru Let’s Encrypt | SSL Indonesia

    Kabar ini sendiri memang tidak terlalu mengejutkan bagi para pengguna Android versi lawas. Mengingat Android 7.1.1 sendiri sudah lama diluncurkan secara global, yaitu sekitar 4 tahun lalu. Rata-rata developer pun sudah mulai berhenti mendukung sistem operasi tersebut. Sekarang kebanyakan orang lebih mendukung Android versi 9 keatas.

    BACA JUGA:  Cara Menggunakan Google Classroom Tanpa Internet

    Aplikasi Untuk Akses Situs Web Secara Aman

    Sebenarnya ada sebuah cara dimana pengguna Android lawas masih bisa mengakses internet secara aman. Namun banyak orang yang mengatakan solusi tersebut tidak akan membantu pengguna dalam fungsionalitas di luar browser.

    Untuk bisa menikmati internet aman di Android versi 7.1.1 ke bawah, pengguna dapat menginstal aplikasi browser Firefox. Android versi tersebut dapat mengakses internet aman di Firefox, dikarenakan Let’s Encrypt menggunakan sertifikat store miliknya sendiri di aplikasi itu.

    Jumlah Pengguna Smartphone Android 7.1.1

    Bagi yang belum tau, saat ini terdapat lebih dari 1/4 atau sekitar 33 persen pengguna Android yang masih menggunakan versi Android 7.1.1 ke bawah di seluruh dunia. Masalah internet aman ini memang sangat disayangkan, namun pengguna Android versi lawas harus tetap tenang.

    Tahun Depan, Android Versi Lawas Terancam Tak Bisa Akses Internet!
    Ilustrasi Logo Android Nougat | The Verge

    Karena Firefox masih mengizinkan akses untuk mengakses situs yang aman. Untuk kedepannya, mungkin aplikasi browser lainnya juga akan memperbolehkan Android versi 7.1.1 ke bawah untuk mengakses situs dengan aman.

    BACA JUGA:  Indonesia Menempati Posisi Ini Sebagai Pengguna Internet Terlama di Dunia!

    Sepertinya, para penikmat smartphone versi lawas harus menerima hal ini. Karena sekarang memang sudah saatnya untuk upgrade ke sistem operasi yang lebih baru. Mungkin masalah tersebut juga adalah salah satu rencana mereka untuk membuat pengguna menggunakan smartphone yang baru.


    Sumber : IndoZone

    AndroidAndroid 7.1.1InternetInternetSitus Internet

    In This Article

    Related Posts