Berita

Siap-siap Sinyal 3G Telkomsel Akan Dihapus, Bagaimana Nasib HP Jadul?

Baru-baru ini operator seluler Telkomsel mengumumkan bahwa mereka akan melakukan migrasi ke jaringan 4G LTE secara bertahap. Nah oleh karena itu sinyal 3G Telkomsel akan dimatikan mulai tahun 2022 ini.

Alasannya supaya pelanggan bisa menikmati aktivitas digital yang lebih baik. Pasalnya jaringan 4G LTE jauh lebih cepat dibandingkan dengan layanan 3G. Selain jaringannya yang jauh lebih cepat, pengguna 4G LTE semakin banyak ketimbang pengguna 3G.

Baca Juga:

Sinyal 3G Telkomsel Bakal Dihapus

Sinyal 3g Telkomsel Bakal Dihapus
Sinyal 3g Telkomsel Bakal Dihapus | cnnindonesia.com

Pada hari Jum’at kemarin, menurut Hendri Mulya Syam selaku Direktur Utama Telkomsel “Tahun ini, Telkomsel akan melakukan percepatan upgrade (peningkatan/pengalihan) layanan jaringan 3G ke 4G LTE“.

Tentunya ia juga berharap dengan migrasinya seluruh layanan dari jaringan 3G ke 4G dapat membuka peluang yang luas bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam menikmati akses internet dengan teknologi terdepan secara merata.

Tentunya rencana migrasi dari 3G ke 4G ini sejalan dengan arahan pemerintah pada Desember 2021 lalu, soal penghapusan layanan 3G. Selain itu Direktur Network Telkomsel mengungkapkan bahwa upgrade ini akan diprioritaskan untuk wilayah yang sudah menggunakan 4G secara merata.

Namun sayangnya, pihak Telkomsel tidak menyebutkan secara spesifik mengenai wilayah mana saja yang menjadi target prioritas penghapusan sinyal 3G Telkomsel. Ia cuman menyebutkan pelanggan Telkomsel di sektor ritel (B2C) bakal bisa menikmati aktivitas digital yang lebih baik.

Kemudian pihak Telkomsel juga sudah menyebutkan bahwa proses migrasi jaringan ini sudah melalui pengkajian, perencanaan, serta persiapan yang matang, untuk memastikan proses upgrade jaringan di seluruh Indonesia dapat berjalan dengan baik. Bahkan mereka juga sudah mengaku sudah menyiapkan beberapa rencana.

Mengingat penghapusan jaringan 3G di Indonesia, tentu ponsel atau HP yang saat ini masih mengandalkan jaringan 3G, tentu tidak dapat lagi terhubung dengan internet. Tetapi kita tunggu saja, bagaimana kepastian yang tepat dari pihak Telkomsel terkait hal tersebut. Makanya pantengin terus Teknodaim supaya kalian tidak melewatkan informasi tentang pencabutan 3G di Indonesia.

What's your reaction?

Related Posts