Samsung Ungguli Apple di Penjualan Smartphone Kuartal Pertama 2023

Dan

Dan

Berkat Galaxy S23, Samsung ungguli Apple di penjualan smartphone kuartal pertama 2023. Disertai dengan merek smartphone lainnya, yang mengalami penurunan.

Samsung Ungguli Apple Di Penjualan Smartphone Kuartal Pertama 2023

Samsung Ungguli Apple di Penjualan Smartphone Kuartal Pertama 2023 | VOA Indonesia

Pada kuartal pertama 2023, penjualan smartphone dari semua merek mengalami penurunan, tetapi Samsung justru berhasil meningkatkan penjualannya dan bahkan berhasil mengungguli Apple.

Dalam laporan terbaru dari perusahaan riset pasar TrendForce, diketahui bahwa pada kuartal pertama tahun 2023, penjualan Samsung telah melampaui Apple berkat peluncuran seri Galaxy S23 yang baru. Samsung berhasil menjual sebanyak 61,5 juta unit pada bulan Januari, mengalami kenaikan sebesar 5,5% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Samsung Ungguli Apple di Penjualan Smartphone

Sementara itu, jumlah penjualan Apple mengalami penurunan sebesar 27,5% menjadi 53,3 juta unit dari kuartal sebelumnya. Seri iPhone 14 menyumbang 78% dari angka tersebut. Meskipun pada kuartal akhir 2022 Apple menjadi penjual teratas setelah meluncurkan iPhone 14, Samsung juga berhasil mengirimkan jumlah unit terbanyak sepanjang tahun yang sama.

Samsung Ungguli Apple di Penjualan Smartphone Kuartal Pertama 2023
Samsung Ungguli Apple di Penjualan Smartphone | Kompas

Sesuai dengan pola pasar secara umum, Oppo, Xiaomi, dan Vivo semuanya mengalami penurunan dalam penjualan mereka pada kuartal pertama 2023. Oppo dan merek anak perusahaannya, Realme dan OnePlus, berhasil menjual sebanyak 26,8 juta unit ponsel pada kuartal tersebut.

BACA JUGA:  Samsung Galaxy Tab A9+ 5G, Tablet Baru dengan Desain Mewah

Perusahaan Xiaomi, yang juga memiliki merek Redmi dan Poco, telah mengirimkan sebanyak 26,5 juta unit produk mereka. Angka ini mengalami penurunan sebesar 27,4% jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu. Sementara itu, penjualan gabungan dari merek Vivo dan sub-merek iQoo mencapai 20 juta unit, mengalami penurunan sebesar 14,2% dari kuartal sebelumnya.

Berdasarkan informasi dari Phone Arena, secara keseluruhan ini adalah kuartal terburuk sejak tahun 2014 untuk pengiriman smartphone, dengan total penjualan sebanyak 250 juta unit.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, terjadi penurunan penjualan sebesar 19,5%, yang kemungkinan terjadi akibat kondisi ekonomi global yang kurang baik. Namun, pada kuartal keempat tahun 2022, sebanyak 301 juta smartphone berhasil dikirimkan.

Kami memperkirakan bahwa kuartal ini akan sedikit lebih baik. Kami berharap peningkatan penjualan sekitar 5% QoQ menjadi 260 juta unit. Apple dan Samsung kemungkinan tidak akan berkontribusi pada peningkatan ini, karena diperkirakan keduanya akan mengalami penurunan penjualan.

BACA JUGA:  Daftar Harga iPhone X, iPhone XS, iPhone XR, iPhone SE, iPhone 11, iPhone 12 dan iPhone 13 Second 2022

Pada kuartal ini, kemungkinan permintaan untuk seri Galaxy S23 akan mengalami penurunan dan dapat menurunkan penjualan sebanyak 10%. Sementara itu, Apple berpotensi menghadapi penurunan yang lebih signifikan, mencapai lebih dari 20%.

Applesamsung

Related Posts