menu
Teknodaim.com
Teknodaim.comBeritaChipset Samsung Exynos 1080 Ini Kalahkan Skor Antutu Snapdragon 865+

Chipset Samsung Exynos 1080 Ini Kalahkan Skor Antutu Snapdragon 865+

Samsung Exynos 1080 Kalahkan Skor Antutu Snapdragon 865+

Hari ini Samsung baru saja memperkenalkan chipset smartphone terbaru mereka, yaitu Exynos 1080. Sebagai chipset terbaru, Direktur Samsung Semiconductor China Research Institute, Dr. Pan Xuebao mengatakan bahwa chipset ini akan segera dirilis dengan arsitektur 5nm dan sudah menggunakan proses AI lebih baik yang membuatnya semakin terlihat menarik.

Walaupun Exynos 1080 adalah chipset buatan Samsung, anehnya hardware ini malah akan debut pertama kali pada smartphone Vivo, bukannya di perangkat milik Samsung. Karena ini adalah chipset flagship menengah keatas, kemungkinan sebentar lagi Vivo akan mengumumkan smartphone terbaru mereka lainnya yang akan menggunakan chipset tersebut.

Sebelumnya Vivo sendiri sudah mengumumkan akan menggunakan chipset ini di smartphone terbaru mereka, yaitu Vivo X60.

Vivo X60 China
Vivo X60 China | NDTVG

Spesifikasi Singkat Samsung Exynos 1080

Seperti yang tadi sudah dikatakan, chipset Samsung Exynos 1080 ini menggunakan arsitektur fabrikasi 5nm dengan bantuan AI yang lebih optimal. Sedangkan inti chipset ini menggunakan Cortex-A78 dan menggunakan GPU Mali-G78. Bocoran spesifikasinya ini sendiri diumumkan oleh Dr. Yimao Cai dari departemen R&D di Korea Selatan. Untuk bocoran lainnya mungkin akan segera Samsung kabarkan kepada semua orang.

JANGAN LEWATKAN •
Samsung Tingkatkan Casing Ponsel Antimikrobial

Dr. Yimao Cai juga membocorkan bahwa, chipset ini memiliki skor antutu lebih dari 650.000 poin yang membuatnya menjadi ranking 1 Antutu Benchmark. Bahkan chipset yang digunakan dalam ASUS ROG Phone 3, yaitu Snapdragon 865+ milik Qualcomm hanya memiliki skor sekitar 615.000 saja. Namun karena chipset tersebut belum resmi dirilis, jadi belum ada perubahan dalam website resmi Antutu terkait ranking skor.

Namun, karena chipset tersebut masih dalam tahap pengembangan, mungkin skornya bisa menjadi lebih dari 650.000 poin. Begitu pula dengan Snapdragon 865+, chipset yang termasuk baru yang dibuat oleh Qualcomm sebagai chipset flagship mereka. Sebentar lagi Qualcomm juga akan mengeluarkan chipset terbaru mereka loh, yaitu Snapdragon 875 yang lagi hangat-hangatnya sekarang.

Chipset Buatan Qualcomm, Snapdragon 865+ 5g
Chipset Buatan Qualcomm, Snapdragon 865+ 5G | Android Authority

Sebagai informasi tambahan, terdapat kabar yang mengatakan chipset Samsung Exynos 1080 ini akan segera debut pada akhir tahun 2020 mendatang. Memang belum ada sumber yang jelas, namun kita dapat berharap hal tersebut akan terjadi dua bulan mendatang.


Sumber : Gamebrott

Tambah Komentar