Teknodaim.com

NVIDIA Akan Merilis RTX 3080 Ti Januari 2021 Mendatang?

RTX 3080 Ti
RTX 3080 Ti

Karena saat ini AMD telah meluncurkan seri GPU terbaru mereka, yaitu RX 6900 XT untuk melawan seri high-end milik NVIDIA. Perusahaan pembuat GPU paling terkenal di seluruh dunia tersebut pun tidak tinggal diam. Karena kabarnya NVIDIA akan membuat RTX 3080 Ti untuk melawan RX 6900 XT.

Kabarnya nanti RTX 3080 Ti akan menggunakan 10.496 CUDA core, 20 GB VRAM GDDR6X, 320bit bandwidth dan memiliki Total Graphics Power (TGP) sebesar 320W. Untuk tanggal rilisnya sendiri akan tiba pada bulan Januari 2021 mendatang dengan harga USD $999. Kabar ini sendiri di informasikan oleh HKEPC Hardware, salah satu pembuat perangkat keras terbesar di Hongkong.

Informasi RTX 3080 Ti ini sendiri memang bukanlah dari pihak NVIDIA langsung. Namun karena HKEPC memiliki kontak langsung dengan perusahaan pembuat GPU tersebut, informasi ini bisa saja menjadi benar. Ditambah lagi, HKEPC juga mendapatkan informasi ini langsung dari pabrik yang berkaitan dengan NVIDIA asal taiwan. Jadi besar kemungkinan rumor ini memang benar apa adanya.

JANGAN LEWATKAN •
Berikut Spesifikasi Untuk Bermain Game Assassin's Creed Valhalla
NVIDIA
Perusahaan NVIDIA | Threatpost

RTX 3000 Series

Sebelumnya NVIDIA sendiri mengumumkan perilisan RTX 3000 series pada bulan Oktober lalu. Pada acara perilisan ini mereka memperkenalkan tiga varian, yaitu RTX 3070, RTX 3080 dan seri tertingginya RTX 3090. Lalu jelang beberapa minggu, NVIDIA kembali memperkenalkan kartu grafis terbarunya lagi, seperti RTX 3050, RTX 3060 dan RTX 3080 Ti.

Walaupun RTX 3090 adalah seri tertinggi dari RTX 3000 series, NVIDIA mengklaim RTX 3080 adalah produk andalan mereka. Perusahaan tersebut mengatakan hal seperti itu karena kartu grafis inilah yang memiliki keseimbangan besar, dalam hal daya, performa dan harga.

Spesifikasi NVIDIA GeForce RTX 3000 Series
Spesifikasi NVIDIA GeForce RTX 3000 Series | Portal Gaming

Arsitektur Terbaru dari NVIDIA

Untuk mendapatkan performa yang lebih tinggi dari pendahulunya, RTX 3000 series ini menggunakan arsitektur yang bernama AMPERE. NVIDIA mengatakan mereka membuat arsitektur terbaru ini menggunakan proses 8nm milik Samsung. Perusahaan tersebut juga mengatakan AMPERE sudah memiliki teknologi baru, seperti Ray Tracing Core generasi kedua dan Tensor Core (TC) generasi ketiga.

JANGAN LEWATKAN •
Tips Untuk Memilih VGA Card Gaming yang Baik dan Cocok Untuk Kebutuhanmu

Tidak hanya itu saja, RTX 3000 series ini adalah kartu grafis pertama NVIDIA yang memiliki dukungan PCIe 4.0. Perbedaannya dari 3.0 sendiri lumayan besar, seperti segi performa bertambah lebih tinggi, menstabilkan arus daya yang masuk dan lain-lain.


Makin update dengan berita Teknologi! Yuk subscribe ke channel Teknodaim DISINI dan Instagram Teknodaim DI SINI! Bakal ada banyak hal menarik yang bakal Dibahas dan ada banyak kejutan Menarik menanti kalian 😀


 


Sumber : Gamebrott


Review Black Shark 3, Smartphone Gaming Terbaik saat ini?


NB: Subscribe channel Teknodaim agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Add comment