Teknodaim

    Robot Nasa Berhasil Mendarat di Planet Mars, Begini Gambarannya

    Setelah menjalani uji coba selama 6 bulan lamanya, Robot Nasa yang bernama Perseverance akhirnya berhasil mendarat ke permukaan Mars. Lembaga antariksa NASA meluncurkan Robot tersebut dengan membawa Ingenuity. Dilansir dari situs Detik Inet, Perseverance merupakan rover kelima dari proyek NASA yang satu-satunya berhasil mendarat dengan selamat di permukaan Mars setelah menghadapi teror 7 menit. Gambaran […]

    Robot Nasa

    Robot Nasa Mendarat di Mars | NASA

    Setelah menjalani uji coba selama 6 bulan lamanya, Robot Nasa yang bernama Perseverance akhirnya berhasil mendarat ke permukaan Mars. Lembaga antariksa NASA meluncurkan Robot tersebut dengan membawa Ingenuity.

    Dilansir dari situs Detik Inet, Perseverance merupakan rover kelima dari proyek NASA yang satu-satunya berhasil mendarat dengan selamat di permukaan Mars setelah menghadapi teror 7 menit.

    Gambaran Planet Mars yang ditanggap oleh Robot Nasa

    Dalam operasi Nasa Mars ini, DW menjelaskan kalau robot Perseverance itu harusnya mendarat ke mars dengan kecepatan 20 ribu km per jam. Parasut yang dipasangkan mendarat membuat kecepatan turunnya berkurang hingga 3 km per jam, kemudian baru bisa mendarat.

    Robot Nasa yang Canggih ini juga berhasil menangkap dua gambaran pertama dari planet Mars. Gambar itu berupa permukaan Mars yang diperlihatkan ke publik melalui akun Media Sosial Resmi Twitter
    @NASA’s Perseverance Mars Rover.

    Robot Nasa Berhasil Mendarat di Planet Mars, Begini Gambarannya
    Foto Permukaan Mars dari Robot Nasa | Twitter NASA’s Perseverance Mars Rover

    Robot canggih itu menangkap gambar permukaan planet mars dengan sebuah alat bernama Ingenuity. Sebuah helikopter yang didesain khusus untuk menjalankan operasi Nasa Mars.

    BACA JUGA:  NASA Turut Bikin Kalung Anti Corona, Teknologi Ngeyel?

    Selain itu, Perseverance juga mengungkap kalau atmosfer di Mars jauh lebih tipis ketimbang di Bumi. Sehingga gravitasi yang ada mungkin bisa mempengaruhi penerbangan yang terjadi.

    Robot Nasa Berhasil Mendarat di Planet Mars, Begini Gambarannya
    Foto Permukaan Mars dari Robot Nasa | NASA’s Perseverance Mars Rover

    Para Karyawan yang ada di dalam ruang kontrol Nasa Mars pun juga sangat gembira ketika mendengar hal ini. Satu ruangan itu semuanya bersorak begitu tahu kalau robot Perseverance berhasil mendarat dengan selamat Mars.

    Kamera yang digunakan dalam operasi Nasa Mars

    Robot Nasa Berhasil Mendarat di Planet Mars, Begini Gambarannya
    Spesifik Detail Robot Perseverance Nasa | spectrum.ieee.org

    Robot Perseverance dilengkapi 19 jenis kamera dengan tambahan empat kamera untuk membantu saat proses pendaratan. Salah satu sistem utama kameranya adalah Mastcam-Z yang berfungsi seperti mata manusia.

    Tugas dari kamera utamanya ialah mengambil video dengan definisi yang tinggi serta panorama yang berwarna dan foto 3D. Lengkap dengan fitur Lenza Zoom untuk mengambil foto dari jarak jauh.


    Segitu aja informasi yang dapat Teknodaim sampaikan kali ini, kamu bisa tulis pendapat dan opini kamu di kolom komentar yang tersedia.

    BACA JUGA:  Asteroid yang Hilang kini Kembali, Kemungkinan Ada Ancaman Bagi Bumi
    NASAPlanetPlanet MarsRuang AngkasaTata Surya

    In This Article

    Related Posts