menu
Teknodaim.com
Teknodaim.com Berita Berikut Resiko dari Menggunakan Wifi Gratisan dari Publik!

Berikut Resiko dari Menggunakan Wifi Gratisan dari Publik!

Wifi Gratis

Pada zaman Modern saat ini, Internet sudah menjadi kebutuhan berbagai bidang belahan dunia, yang mana negara Indonesia merupakan salah satunya. Penyedia internet kini tengah marak, dalam artian bukan hanya provider tapi juga pihak ketiga. Banyak yang menggunakan layanan dari pihak-pihak tersebut karena praktis dan penggunaan WiFi gratis pun dapat terjangkau ke setiap sudut kota.

Sesuai yang kita ketahui, bahwa pengguna internet di seluruh dunia sudah mencapai angka 4 miliar lebih. Lebih tepatnya sudah mencapai lebih dari 60% penduduk dunia dari separuh populasi bumi, artinya internet sudah seperti menjadi kebutuhan mendasar dari populasi manusia saat ini.

Cara Mengatasi Resiko dari Pemakaian WiFi Gratis

Beberapa Pemerintah provinsi yang sedang mengalami krisis pandemi, sudah mengumumkan bahwa warganya bisa menikmati akses internet gratis. Dengan cara mengunduh aplikasi untuk mengetahui lokasi internet atau Wifi tersebut.

Tetapi, perlu kamu ketahui bahwa sesuatu yang gratis tidak menjamin keamanan tentunya. Hal tersebut malah menimbulkan resiko mengintai dari para pengguna Wifi Gratisan dan dapat menimbulkan kerugian.

Wifi Gratis 4
Ilustrasi Hacker | Istockphoto

Nah buat kamu yang bingung cara mengatasinya, Teknodaim kali ini sudah rangkum beberapa informasi mengenai cara mengatasi resiko penggunaan WiFi gratis tersebut. Untuk lebih jelasnya simak berikut ini.

Gunakan VPN Saat Mengakses WiFi Gratis Tersebut

VPN merupakan suatu hal yang cukup wajib jika ingin menyambungkan jaringan ke WiFi atau hotspot yang tidak diketahui persis aman tidaknya. Sebab sebagian besar para peretas akan mengincar sasaran yang ramai. Kemungkinan besar mereka akan membuang informasi yang tercuri daripada memasukannya melalui proses deskripsi yang memakan waktu.

JANGAN LEWATKAN •
Hacker China Ini Kacaukan Jaringan Judi Online di Asia Tenggara!

Gunakan Koneksi SSL

Jika kamu tidak mempunyai VPN, kamu tetap bisa mengamankannya dengan menambahkan lapisan ekripsi ke ponsel. Dengan cara mengaktifkan opsi selalu gunakan HTTPS pada situs yang ingin kamu masuki.

Matikan Koneksi Wifi Saat Tidak Kamu Butuhkan

Walaupun kamu sudah masuk ke jaringan WiFi gratis tersebut, kalau sudah tidak membutuhkannya lagi lebih baik matikan saja. Karena, hal tersebut dapat membuat datamu menjadi lebih aman dengan meminimalisir sistem peretasan.


Itulah tadi pembahasan mengenai Resiko dari penggunaan WiFi Publik/Gratis dan cara mengatasinya. Jika kamu punya pendapat sendiri, bisa langsung aja tulis ke kolom komentar.


Sumber: CNN Indonesia

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks