BeritaGadgetSoftware

Lawan Pelecehan Seksual Anak, Microsoft Ciptakan Ini

Salah satu penyalahgunaan teknologi dan media sosial adalah terjadinya pelecehan-pelecehan secara digital atau online. Sejauh ini, tidak sedikit kasus pelecehan seksual anak yang sudah terjadi. Microsoft mencoba membuat solusi.

Induk dari sistem operasi Windows itu mengumumkan jika mereka tengah merancang teknik baru guna mengantisipasi pelecahan anak yang dimaksud.

Apa Itu Project Artemis?

Masih dalam bentuk Project, yang mereka umumkan itu bernama Artemis. Dimana nantinya program atau fitur tersebut bisa mendeteksi dan melaporkan predator seks yang mengincar anak-anak, konsepnya serupa filter komentar.

Project Artemis seperti punya sistem teknologi yang akan meninjau percakapan berbasis teks dan mengevaluasinya apakah arah pembicaraannya sudah mulai mengancam atau tidak, menandai kata-kata yang menjurus ke pelecehan seksual.

Pelecehan seksual anak by teknodaim
Foto Kantor Microsoft | Bloomberg.com

Kata-kata yang dimaksud akan ditinjau oleh moderator manusia, artinya secara manual. Project Artemis nantinya akan tersedia secara gratis untuk perusahaan layanan online yang memenuhi syarat yang menawarkan fungsi obrolan.

Sebenarnya Project besutan Microsoft tersebut sudah dimulai sejak bulan November 2018 lalu, yang kemudian baru dikembangkan kembali supaya semakin baik di tahun ini. Terhitung pada 10 Januari ini, perizinan ditangani oleh Thorn.

Selain Microsoft, platform dan layanan lainnya juga sedang berusaha memerangi yang namanya pelecehan seksual anak, seperti YouTube, Facebook dan Tumblr.

Sebagai orangtua, sebaiknya kalian lebih memperhatikan apa yang diakses anak di perangkat-perangkat gadget seperti ponsel dan tablet yang sering digunakan. Bila menemukan ada kontak dengan orang aneh, segera hindarkan dan blokir.


Sumber: Detik Inet

What's your reaction?

Related Posts