Teknodaim

    Jutaan Photoshop Bajakan Terdeteksi Berisi Malware Berbahaya, Cek Punyamu Sekarang!

    Laporan langsung tentang jutaan Photoshop bajakan yang ternyata kini terdeteksi berisi virus Malware, check punyamu segera

    Photoshop Malware

    Ilustrasi Photoshop Malware | Pixabay

    Belum lama ini ada laporan langsung dari sebuah penyedia layanan enkripsi end-to-end bernama Nord. Dalam laporan itu mereka menyebut bahwa saat ini jutaan dari software Photoshop bajakan terdeteksi berisi Malware yang dapat membahayakan data pengguna.

    Sejauh ini jumlah data yang dicuri sudah mencapai sebanyak mencapai 1TB lebih berupa alamat email, dokumen, foto hingga informasi login pengguna. Termasuk pula untuk Streamers, data Web Cam juga menjadi salah satu sasaran bagi peretas.

    Nord menyebut bahwa laporan data curian itu secara tidak sengaja mereka temukan pada penyedia layanan Cloud yang kemudian mereka analisis. Lalu hasilnya merupakan sebuah kebocoran data dalam jumlah skala yang cukup banyak.

    Jumlah Data Pengguna yang Sudah Tercuri Akibat Malware Photoshop Bajakan

    Dari analisis tersebut, terkonfirmasi bahwa sudah ada 3,2 juta lebih komputer dengan jenis OS Windows yang terinfeksi virus Malware. Dengan jumlah 2 miliar cookies dalam data yang 22% kebanyakan diantaranya masih dalam keadaan aktif.

    BACA JUGA:  Pesan Hacker untuk Kominfo: STOP BEING AN IDIOT!
    Jutaan Photoshop Bajakan Terdeteksi Berisi Malware Berbahaya, Cek Punyamu Sekarang!
    Ilustrasi Virus Malware | Shutterstock

    Bahkan lebih parahnya lagi, Malware yang ada pada Photoshop bajakan ini berhasil mengakses situs Web pengguna. Pelaku juga bisa dengan mudah mengambil data miliknya tanpa pengguna ketahui.

    Berdasarkan infomrasi yang Nord berikan, Malware ini berada dalam sebuah database yang berisi informasi dengan lokasi tujuan US-CERT. Bagian alamat email yang pelaku ambil kebanyakan sudah terunggah ke Have I Been Pwned. Sebuah situs yang dapat mengecheck apakah email database pengguna dalam keadaan aman atau tidak.


    Baca juga


    Lebih lanjut teruntuk para Streamers yang merasa menggunakan Photoshop bajakan, harap berhati-hati karena kalau berisi Malware. Maka data streaming dalam keadaan tidak aman dan bisa saja pelaku manfaatkan untuk keuntungan pribadi.

    Terutama bagi para Streamers yang menggunakan perangkat Laptop yang punya Web Cam bawaan, pelaku bisa merekam foto pengguna tanpa mereka sadari.

    BACA JUGA:  Situs Peta Wabah Corona Palsu Ini Sebar Malware, Waspada!

    Wah bahaya banget ini Teknodaim saranin buat kamu untuk segera check email database milikmu pada situs Have I Been Pwned. Jangan lupa juga buat tinggalkan pendapat dan komentar kamu untuk artikel ini pada kolom yang sudah tersedia.


    Sumber: Detik Inet

    Related Posts