menu
Teknodaim.com
Teknodaim.comBeritaProsesor 7nm Intel Batal Rilis Tahun Depan, Jadi Kapan?

Prosesor 7nm Intel Batal Rilis Tahun Depan, Jadi Kapan?

Tadinya, si biru raksasa pesaing AMD berencana akan merilis produk prosesor dengan fabrikasi 7 nanometer mereka tahun depan (2021). Namun hal ini jadi terhalangi karena sebuah masalah dan mengakibatkan ditunda hingga tahun 2022 bahkan kemungkinan bisa 2023. Perilisan prosesor 7nm Intel ditunda.

Intel merencanakan untuk membuat prosesor 7nm mereka tersedia di pasaran 6 bulan lebih awal. Sayangnya mereka mengalami masalah pada pengerjaan dan penyelesain teknologinya, sehingga memerlukan tambahan waktu 12 bulan.

Masalah Pada Prosesor 7nm Intel

Informasi yang bersumber dari Toms Hardware mengungkapkan bahwa prosesor 7nm Intel belum layak dari segi ekonomi. Ternyata hal tersebut disebabkan oleh adanya kecacatan pada prosesor mereka yang dibuat dengan transistor berukuran 7 nanometer, hal ini disampaikan sendiri oleh sang CEO yakni Bob Swan.

Masalah degradasi hasil yang hadir di fabrikasi 7nm Intel tentu akan membawa petaka jika dipaksakan untuk rilis. Maka dari itu mereka mau tidak mau harus menundanya dan rumor menyebut Intel akan bekerjasama dengan pihak ketiga, pihak ketiga yang dimaksud akan mengerjakan GPU dari prosesor 7nm Intel.

JANGAN LEWATKAN •
Sedikit Bocoran Performa AMD RX 6000 Series, Saingan RTX 3080?

Ponte Vecchio disebut-sebut akan menjadi pihak ketiga yang dimaksudkan akan mengurus sisi GPU pada prosesor 7nm Intel. Dengan demikian maka ada kemungkinan pula kalau prosesor 7nm dari Intel bisa selesai untuk waktu yang lebih lama lagi. CPU server 7nm pertama Intel (Granite Rapids) juga mengalami kemunduran.

Di satu sisi, TSMC dan AMD sudah lebih dulu mencapai teknologi fabrikasi ataupun transistor berukuran 7 nanometer, bahkan keduanya akan menjajal yang lebih minimalis lagi yaitu di 5 nanometer bahkan 3 nanometer. Dengan begini, maka bisa dipastikan Intel akan tertinggal cukup jauh dari aspek minimalis proses teknologi.

AMD Versus Intel | Laptopmedia.com

Sekarang, Intel sedang sibuk mengurus prosesor desktop 10nm pertama mereka yang adalah Alder Lake untuk rilis di paruh kedua 2021. Namun meski demikian, Intel tetap optimis bahwa mereka bisa bangkit dan memimpin prosesor dengan fabrikasi minimalis yaitu di 5nm.

JANGAN LEWATKAN •
Perbedaan Motherboard ATX, Micro ATX Dan Mini ITX Serta Fungsinya Masing-Masing

Sebagai solusinya ya itu tadi, Intel menggandeng pihak ketiga untuk mempercepat pengerjaan prosesor 10nm, 7nm dan 5nm secara tumpang tindih. Dengan demikian pula, mereka terpaksa menguras biaya yang lebih besar dengan margin keuntungan yang lebih sedikit.

Tanpa peduli apakah kamu Fanboy TSMC, AMD atau Intel, bagaimana pendapat kamu soal perilisan prosesor 7nm Intel yang ditunda? Jika punya prediksi atau tanggapan menarik yang bisa kita diskusikan, silahkan tulis di kolom komentar bawah.


Sumber: Telset ID

Tambah Komentar