Teknodaim

    Prosesor 7nm Intel Batal Rilis Tahun Depan, Jadi Kapan?

    Tadinya, si biru raksasa pesaing AMD berencana akan merilis produk prosesor dengan fabrikasi 7 nanometer mereka tahun depan (2021). Namun hal ini jadi terhalangi karena sebuah masalah dan mengakibatkan ditunda hingga tahun 2022 bahkan kemungkinan bisa 2023. Perilisan prosesor 7nm Intel ditunda. Intel merencanakan untuk membuat prosesor 7nm mereka tersedia di pasaran 6 bulan lebih […]

    Ilustrasi Prosesor Intel | Igorslab.de

    Tadinya, si biru raksasa pesaing AMD berencana akan merilis produk prosesor dengan fabrikasi 7 nanometer mereka tahun depan (2021). Namun hal ini jadi terhalangi karena sebuah masalah dan mengakibatkan ditunda hingga tahun 2022 bahkan kemungkinan bisa 2023. Perilisan prosesor 7nm Intel ditunda.

    Intel merencanakan untuk membuat prosesor 7nm mereka tersedia di pasaran 6 bulan lebih awal. Sayangnya mereka mengalami masalah pada pengerjaan dan penyelesain teknologinya, sehingga memerlukan tambahan waktu 12 bulan.

    Masalah Pada Prosesor 7nm Intel

    Informasi yang bersumber dari Toms Hardware mengungkapkan bahwa prosesor 7nm Intel belum layak dari segi ekonomi. Ternyata hal tersebut disebabkan oleh adanya kecacatan pada prosesor mereka yang dibuat dengan transistor berukuran 7 nanometer, hal ini disampaikan sendiri oleh sang CEO yakni Bob Swan.

    Masalah degradasi hasil yang hadir di fabrikasi 7nm Intel tentu akan membawa petaka jika dipaksakan untuk rilis. Maka dari itu mereka mau tidak mau harus menundanya dan rumor menyebut Intel akan bekerjasama dengan pihak ketiga, pihak ketiga yang dimaksud akan mengerjakan GPU dari prosesor 7nm Intel.

    BACA JUGA:  Intel Kenalkan Prosesor Generasi 10 Terbaru Mereka

    Ponte Vecchio disebut-sebut akan menjadi pihak ketiga yang dimaksudkan akan mengurus sisi GPU pada prosesor 7nm Intel. Dengan demikian maka ada kemungkinan pula kalau prosesor 7nm dari Intel bisa selesai untuk waktu yang lebih lama lagi. CPU server 7nm pertama Intel (Granite Rapids) juga mengalami kemunduran.

    Di satu sisi, TSMC dan AMD sudah lebih dulu mencapai teknologi fabrikasi ataupun transistor berukuran 7 nanometer, bahkan keduanya akan menjajal yang lebih minimalis lagi yaitu di 5 nanometer bahkan 3 nanometer. Dengan begini, maka bisa dipastikan Intel akan tertinggal cukup jauh dari aspek minimalis proses teknologi.

    Prosesor 7nm Intel Batal Rilis Tahun Depan, Jadi Kapan?
    AMD Versus Intel | Laptopmedia.com

    Sekarang, Intel sedang sibuk mengurus prosesor desktop 10nm pertama mereka yang adalah Alder Lake untuk rilis di paruh kedua 2021. Namun meski demikian, Intel tetap optimis bahwa mereka bisa bangkit dan memimpin prosesor dengan fabrikasi minimalis yaitu di 5nm.

    BACA JUGA:  AMD Umumkan Trio Ryzen 3000XT Versi Baru, Prosesor dengan Boost Clock 4 GHz Keatas

    Sebagai solusinya ya itu tadi, Intel menggandeng pihak ketiga untuk mempercepat pengerjaan prosesor 10nm, 7nm dan 5nm secara tumpang tindih. Dengan demikian pula, mereka terpaksa menguras biaya yang lebih besar dengan margin keuntungan yang lebih sedikit.

    Tanpa peduli apakah kamu Fanboy TSMC, AMD atau Intel, bagaimana pendapat kamu soal perilisan prosesor 7nm Intel yang ditunda? Jika punya prediksi atau tanggapan menarik yang bisa kita diskusikan, silahkan tulis di kolom komentar bawah.


    Sumber: Telset ID

    AMDIntelProsesorProsesor Intel CoreTSMC

    In This Article

    Related Posts