Teknodaim

    Begini Perbedaan Kecepatan Internet Mbps dan MBps, Jangan Salah Lagi!

    Untuk kamu yang sudah berlangganan Internet Hingga 50 Mbps tapi ketika kamu mencoba mendownload kecepatan yang diberikan hanya sekitar 6,25 MBps. Apakah hal tersebut merupakan sebuah kesalahan dari Provider? Untuk bisa mengetahui jawabannya, kamu perlu memahami terlebih dulu perbedaan Mbps dan MBps berikut ini. Kamu bisa mengetahui perbedaan kecepatan Mbps dan MBps melalui penulisan huruf […]

    Perbedaan Mbps Dan Mbps

    Ilustrasi Kecepatan Mbps | androidxyz.com

    Untuk kamu yang sudah berlangganan Internet Hingga 50 Mbps tapi ketika kamu mencoba mendownload kecepatan yang diberikan hanya sekitar 6,25 MBps. Apakah hal tersebut merupakan sebuah kesalahan dari Provider? Untuk bisa mengetahui jawabannya, kamu perlu memahami terlebih dulu perbedaan Mbps dan MBps berikut ini.

    Kamu bisa mengetahui perbedaan kecepatan Mbps dan MBps melalui penulisan huruf ”B” yang ada pada kedua indikator tersebut. Banyak orang yang tidak menghiraukannya dan berpikir kalau hal tersebut hanya salah tulis saja, namun faktanya tidak. Mbps dan MBps sebenarnya memiliki arti yang berbeda.

    Apa itu Mbps dan MBps

    Begini Perbedaan Kecepatan Internet Mbps dan MBps, Jangan Salah Lagi!
    Ilustrasi Free WIfi | Medium.com

    Pengertian Mbps

    Apa itu Mbps dan MBps? Semuanya akan Teknodaim bahas, pertama kita mulai dulu dari pengertian Mbps yang merupakan singkatan dari Megabite per Second. Pada dasarnya Bit memiliki arti yang lebih kecil ketimbang byte jadi tidak heran kenapa Pengertian Kecepatan Mbps dan MBps bisa berbeda.

    Kecepatan Mbps biasanya digunakan oleh ISP sebagai paket internet kuota yang dipasangkan pada Smartphone. Hal ini juga merupakan salah satu perbedaan Mbps dan MBps yang paling mencolok.

    BACA JUGA:  Mengenal Bahaya Phising dan Upaya Pencegahannya
    Begini Perbedaan Kecepatan Internet Mbps dan MBps, Jangan Salah Lagi!
    Ilustrasi Jaringan Smartphone | Piqsels

    Untuk yang belum tahu, ISP atau Internet Service Provider adalah produsen atau lembaga yang memberikan pelayanan jasa kepada konsumen. Agar bisa mengakses Media Online dengan menggunakan Internet.

    Pengertian MBps

    Berbeda dengan Mbps yang pakai satuan utama bit per detik, MBps menggunakan satuan yang lebih besar yakni Byte per detik. Kecepatan MBps sering ditawarkan oleh Provider dalam bentuk Wifi, bisa dipakai oleh banyak perangkat seperti modem, komputer, laptop, konsol game bahkan Smartphone sekalipun.

    Begini Perbedaan Kecepatan Internet Mbps dan MBps, Jangan Salah Lagi!
    Ilustrasi WiFi | Techdaily.ID

    Ada banyak perbedaan kecepatan Mbps dan MBps yang perlu kamu ketahui mulai dari penggunaan data pada perangkat hingga kecepatannya. Selain itu kecepatan Jaringan juga terkadang tidak bisa diprediksi dikarenakan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan Internet.

    Pengertian Kecepatan Mbps dan MBps

    Setelah mengetahui Apa itu Mbps dan MBps selanjutnya kita akan membahas pengertian kecepatan keduanya. Mulai dari MBps yang menggunakan satuan terbesar dari besaran suatu data digital (perangkat) yang dibatasi dengan beberapa ukuran tertentu. Sedangkan bit adalah satuan terkecil data digital dalam bentuk besaran data.

    Begini Perbedaan Kecepatan Internet Mbps dan MBps, Jangan Salah Lagi!
    Perbedaan Mbps Dan Mbps 3

    Penjelasan simpel dari Apa itu Mbps dan MBps, bit adalah partikel pembentuk yang mengirimkan data dalam bentuk bit. sehingga satuan bit akan lebih pas jika dipakai untuk melakukan transfer data. Lalu 1 partikel Byte memerlukan proses transfer data sebanyak 8 bit. Keduanya saling terhubung satu sama lain tapi memiliki efisiensi yang berbeda.

    BACA JUGA:  Cara Login Satu Akun WhatsApp di Dua HP Sekaligus Tanpa Repot

    Sekali lagi Teknodaim tekankan kalau mau melihat perbedaan Mbps dan MBps yang paling gampang ialah dengan melihat penulisan huruf ”B” nya.

    • MBps = MegaByte per second
    • Mbps = Megabit per second
    • KBps = KiloByte per second
    • Kbps = Kilobit per second
    • B = byte
    • b = bit
    • 1 byte = 8 bit

    Perbedaan Kecepatan Mbps dan MBps

    Kamu juga harus tahu mengenai pengertian kecepatan Mbps dan MBps, sebab banyak provider yang memanfaatkan perbedaan penulisan tersebut demi memikat hati konsumen. Kecepatan 50 Mbps jika dikecilkan akan menjadi 50000 Kbps dan jika dibesarkan satuannya maka menjadi 6,25 Mbps.

    Sebagai contoh kamu membeli paket internet dengan kecepatan 20 Mbps, maka kecepatan asli yang kamu hanya dapatkan ialah 2,5 Mbps. Perbedaan kecepatan Mbps dan MBps ini wajib agar kamu tidak bingung lagi untuk ke depannya dalam membeli paket internet.

    Begini Perbedaan Kecepatan Internet Mbps dan MBps, Jangan Salah Lagi!
    Test Koneksi Internet di SpeedTest by Oakla | bobo.grid.id

    Cara untuk menghitung satuan MBps pada Mbps tidaklah sulit, kamu hanya perlu membagi nilai transmisi Mbps dengan 8 ( contoh 50:8=6,25 ). Kamu juga bisa menggunakan aplikasi seperti SpeedTest untuk menguji Perbedaan Mbps dan MBps yang kamu miliki.

    Sekali lagi Teknodaim tekankan kalau ara melihat perbedaan Mbps dan MBps yang paling gampang ialah dengan melihat penulisan huruf ”B” nya.

    BACA JUGA:  Telkomsel Kembali Hadirkan Promo Paket Internet Murah #SurpriseDeal

    3 Faktor Umum yang Mempengaruhi Kecepatan Internet

    Begini Perbedaan Kecepatan Internet Mbps dan MBps, Jangan Salah Lagi!
    Ilustrasi Putus Koneksi | Pinterest

    Meskipun sudah tahu mengenai Pengertian Kecepatan Mbps dan MBps, terkadang ada beberapa faktor umum yang sering kali mempengaruhi kecepatan internet. Adapun faktor-faktor tersebut ialah sebagai berikut.

    1. Jalur Internet yang Digunakan

    Setiap jenis kabel punya kemampuan yang beda-beda, kalau kamu pakai Kabel Fiber Optic yang terhubung dari Wifi ke PC. Biasanya kecepatan internet yang kamu rasakan akan meningkat sedikit lebih kencang.

    Lalu ada pula Jalur Wireless atau tanpa kabel, mulai dari yang tercepat adalah WIFI, lalu ada pula Jaringan 5G terbaru, 4G dan setelah itu 3G.

    2. Kekuatan sinyal

    Faktor umum yang paling sering dialami banyak orang, jika sinyal yang kamu dapat semakin besar gelombangnya, maka kecepatan internet kamu juga akan semakin tinggi. Begitu pula sebaliknya jika kamu dapat sinyal yang buruk akan menimbulkan loss bandwidth yang semakin besar.

    3. Kemampuan Perangkat

    Perlu kamu ketahui juga kalau kemampuan perangkat ternyata bisa mempengaruhi kecepatan internet yang kita miliki loh. Sebagai contoh apabila kamu membeli paket internet dengan kecepatan 4G tapi perangkatmu hanya mendukung Jaringan 3G. Maka kecepatan internet yang kamu rasakan tidak akan maksimal.


    Gimana gans udah ngerti belum sama perbedaan Mbps dan MBps? Jika kamu ada pertanyaan lainnya seputar internet atau seputar gadget, langsung saja ditanyakan lewat kolom komentar di bawah ini ya!

    Related Posts