Teknodaim.com

Penggunaan Fitur NFC di Indonesia Meningkat Pesat

Fitur Nfc Indonesia
Fitur Nfc Indonesia

Akhir-akhir ini, Penggunaan fitur NFC pada Smartphone di Indonesia tengah mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Salah satu Product Manager Vivo Indonesia yaitu Risa Rismayanti pun ikut menjelaskan mengenai data-data yang ada pada penggunaan Fitur NFC ini, ternyata terjadi fenomena yang mungkin terbilang aneh bagi beberapa orang.

Kenapa sih sebuah smartphone membutuhkan fitur NFC? Alasannya adalah menurut volume adaptasi yang pakai e-money card cukup positif, pada satu tahun terakhir bahkan mencapai angka +85%, apalagi ditambah pemerintah yang kini sudah mencanangkan toll pakai e-money.

Fitur NFC pada Smartphone

Fitur Nfc Indonesia 1
Ilustrasi Fitur NFC Smartphone | Shutterstock

NFC atau Near field communication merupakan suatu bentuk komunikasi nirkabel dalam jarak tertentu yang mana antenanya berukuran lebih pendek ketimbang gelombang sinyal operator pada umumnya. Fitur ini sendiri memungkinkan smartphone untuk dapat terhubung dengan smartphone lainnya yang sama-sama mempunyai fitur NFC tersebut. Jadi dapat memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi seperti e-money.

JANGAN LEWATKAN •
Jaringan 5G di iPhone 12 Bikin Baterai Lebih Boros?

Salah satu brand yang sering menghadirkan produk smartphone dengan tambahan fitur NFC untuk smartphone Indonesia adalah Vivo. Brand tersebut sering kali setiap peluncuran produk baru itu akan ada background usage.

Dan kalau penggunanya mau pakai e-money lalu butuh top-up, fitur ini bisa membuat prosesnya menjadi lebih efisien dengan melalui smartphone. Dengan demikian apabila pengguna ingin mengecek ataupun melakukan top-up, tidak akan memakan proses sampai lima menit.

Selain itu, beberapa smartphone seri Vivo juga mempunyai fitur seperti mengingatkan stay hydrate dan fitur untuk menunjang self motivated. Dengan tambahan performa rata-rata mempunyai 8GB RAM dan 128GB ROM agar pengguna bisa mengunduh music atau apps lebih banyak. Bahkan memori internal tersebut masih bisa pengguna perluas lagi menggunakan kartu Micro SD.

Survei dari Bank Indonesia Terhadap NFC

Fitur Nfc Indonesia 2
Ilustrasi Surveri Bank Indonesia | Dokumen BNI

Baca juga: Pembunuh Mid RANGE, Xiaomi Poco X3 NFC

JANGAN LEWATKAN •
Inilah Spesifikasi Realme X7 5G dan Harga Resmi di Indonesia

Menurut data survei dari Bank Indonesia, kebanyakan masyarakat pada umur 18-25 tahun, 57% lebih memilih e-money untuk dapat mereka gunakan dalam transaksi digital cashless. Sedangkan sisanya 62% mengaku lebih memilih kalau e-money lebih baik dijadikan sebagai pembayaran umum toll dan 66% pembayaran transportasi umum, serta 30% untuk bayar parkir. Hal inilah yang membuat penggunaan dari NFC tersebut kini mengalami peningkatan yang lumayan pesat.


itu saja informasi dari Teknodaim mengenai Fitur NFC pada Smartphone yang meningkat pesat akhir-akhir ini. Kalau kamu punya informasi tambahan lainnya, bisa langsung aja tulis ke kolom komentar yang tersedia.


Makin update dengan berita Teknologi! Yuk subscribe ke channel Teknodaim DISINI dan Instagram Teknodaim DI SINI! Bakal ada banyak hal menarik yang bakal Dibahas dan ada banyak kejutan Menarik menanti kalian 😀

JANGAN LEWATKAN •
Samsung Galaxy A31, A51 dan A71 Turun Harga, Berikut Harga Terbarunya!

 


Sumber: Detik Inet


Review Black Shark 3, Smartphone Gaming Terbaik saat ini?


NB: Subscribe channel Teknodaim agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Add comment