menu
Teknodaim.com
Teknodaim.com Berita Pengguna Layanan Google Hangouts Harus Pindah ke Google Chat?

Pengguna Layanan Google Hangouts Harus Pindah ke Google Chat?

Pengguna Google Hangouts

Raksasa teknologi Google lagi-lagi mulai mempersiapkan langkah untuk mematikan salah satu layanan mereka yaitu Hangouts. Setelah proses tersebut selesai, kemudian mereka akan memindahkan para pengguna layanan Google Hangouts tersebut ke Google Chat.

Hal ini sebenarnya tidak terlalu membuat para pengguna terkejut. Pasalnya 2 tahun lalu, Google pernah mengumumkan akan memberhentikan layanan Hangouts pada tahun 2020 ini. Agar lebih paham, simak pembahasan berikut mulai dari mengenal apa itu Google Hangouts dan Google Chat, serta mengenai pemberhentian layanan Google Hangouts itu.

Mengenal Apa itu Google Hangouts

Berdasarkan yang tertera pada Wikipedia, Google Hangouts merupakan sebuah platform komunikasi yang Google kembangkan untuk sistem perpesanan secara instan, percakapan video, SMS dan fitur VOIP. Sedangkan, Google Chat dibuat lebih canggih dan relevan daripada Hangouts tadi. Singkatnya Google Chat merupakan revolusinya tetapi berbeda layanan.

JANGAN LEWATKAN •
Google Chrome versi Terbaru Tidak Bersahabat dengan Komputer Lama
Pengguna Google Hangouts 2
Ilustrasi Google Hangouts | Chrome Web Store Google Hangouts

Baca juga: Fitur Terbaru Google Meet yang Mirip Zoom


Google sendiri mengatakan akan memberhentikan layanan Hangouts. Sementara itu, data dari para pengguna Hangouts nantinya akan pindah ke Google Chat pada paruh pertama tahun 2021 mendatang. Google nantinya juga pasti memberikan panduan mengenai pemindahan semua pesan, tetapi untuk jadwal belum diberitahukan informasinya.

Agar dapat mendapatkan kepastian yang mulus, Google akan membantu memindahkan data percakapan atau pesan para pengguna hangouts secara otomatis, bersamaan dengan kontak dan history data yang tersimpan.

Pemberhentian Layanan Hangouts

Awalnya Google chat hanya tersedia untuk para pembisnis yang memiliki akses terhadap G Suite/WorkPlace aja. Tetapi dengan pindahnya semua pengguna Hangouts ke Chat, maka layanan ini sekarang resmi Google gratiskan kepada semua penggunanya.

Walaupun tidak sepenuhnya mirip Hangouts, tetapi fitur dari layanan Google Chat sudah memenuhi kriteria percakapan baik persnoal maupun dalam grup. Sekaligus juga terdapat fitur keamanan baru, yang nantinya akan Google arahkan kepada aplikasi Gmail bersamaan dengan Rooms dan Meet.

JANGAN LEWATKAN •
Mahasiswa Surabaya Ini Ciptakan Kacamata Canggih Untuk Penyandang Tunarungu

Selain itu, Google juga menghapus beberapa dukungan pada layanan Hangouts seperti Google Fi, yang berfungsi untuk memuat panggilan telepon sekaligus mengatur pesan pada Hangouts. Fitur dukungan lainnya yang terhapus yaitu Google Voice, yang berfungsi sama seperti Google Fi yaitu untuk proses telepon dan pesan.


Nampaknya Google memberikan cukup banyak perbuahan menjelang awal tahun 2021 mendatang. Salah satunya perubahan logo Messenger dan pemindahan data pesan layanan Hangouts ke Google Chat. Buat kamu yang ingin memberikan pendapat tersendiri, bisa langsung aja tulis pada kolom komentar.


Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks