menu
Teknodaim.com
Teknodaim.com Berita Penemu Teknologi WiFi Terkenal Norman Abramson Kini Tutup Usia

Penemu Teknologi WiFi Terkenal Norman Abramson Kini Tutup Usia

Penemu Teknologi Wifi 2

Kabar duka datang dari salah satu penemu teknologi WiFi Terkenal bernama Norman Abramson yang meninggal dunia pada umur 88 Tahun. Beliau meninggal pada tanggal 1 Desember 2020 setelah berjuang melawan penyakit kanker yang ada dalam paru-parunya.

Melansir dari situs CNN Indonesia dan Kompas Tekno, Abramson sejak dulu sudah dikenal sebagai pemimpin sekelompok ilmuwan dan insinyur. Beliaulah yang berperan penting dalam pengembangan jaringan komputer nirkabel atau sering kita sebut dengan WiFi. Seperti apa kisah hidup Abramson? Yuk kita simak bareng informasinya berikut ini.

Perjalanan Hidup Abramson Sang Penemu Teknologi WiFi

Awalnya pria bernama Abramson yang lahir di kota boston pada tanggal 1932 ini merupakan mahasiswa di Universitas Harvard dan lulus sebagai ahli Matematika. Kemudian Abramson memutuskan untuk melanjutkan gelar Masternya pada jurusan Fisika di Universitas California.

Setelah lulus dari Universitas California, Abramson pun mendapatkan gelar baru yakni Ph.D Jurusan Teknik Elektrik di tempat kuliah yang baru bernama Universitas Stanford. Disinilah Abramson mulai berfokus pada teori komunikasi yang mendalami 3 bidang yang terdiri dari ilmu Matematika, Teori dan Semiotika.

JANGAN LEWATKAN •
Mengenal Deep Web, Dark Net atau Dark Web, Serta Bahaya dan Cara Memasukinya
Penemu Teknologi Wifi
Norman Abarmson Pidato di Universitas Hawaii | Headtopics.com

Abramson kemudian pindah lagi ke tempat pendidikan yang baru di Manoa bernama Universitas Hawaii. Sebelum pindah, belia juga pernah bekerja di perusahaan Aviasi bernama Hughes Aircraft Company yang terletak pada negara Amerika.

Sembari lanjut mendalami teori komunikasi di Universitas Hawaii, Abramson menerima proyek baru yang didanai secara keseluruhan oleh Advanced Research Projects Agency. ARPA mengatakan kalau tujuan dari proyek ini adalah inovasi terbaru untuk menemukan sistem yang mampu mengirimkan paket data melalui jaringan radio dengan lebih efisien.

Penemuan Teknologi WiFi untuk Pertama Kalinya

Penemu Teknologi Wifi
Ilustrasi WiFi | Gizmodo.com

ARPA mengatakan kepada Abramson apabila proyek yang sedang kita ini berhasil, maka kita bisa membuat sebuah sistem baru. Yang mana apabila paket data yang dikirim tidak diterima, maka paket data tersebut akan dikembalikan. Proyek tersebut kemudian berkembang lagi menjadi ALOHAnet yang ditemani oleh rekan Abramson yakni Franklin Kuo.

JANGAN LEWATKAN •
Tahun Depan, Android Versi Lawas Terancam Tak Bisa Akses Internet!

Proyek ALOHAnet mulai beroperasi pertama kali pada kota Hawaii dan disinilah asal muasalnya jaringan Internet Nirkabel yang sering kita sebut dengan WiFi. Tidak hanya itu, ALOHAnet ternyata juga berperan penting dalam pengembangan sistem komunikasi berbasis ethernet loh.


Teknologi jaringan Internet yang diwariskan Abramson tersebut kemudian terus dikembangkan lagi dan kini bisa digunakan pada Smartphone dengan nirkabel. Kamu juga bisa tulis pendapat dan apresiasi terhadap perjalanan hidup dari Abramson Sang Penemu Teknologi WiFi ini pada kolom komentar.

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks