Facebook Hadirkan Pemindai Wajah, Anti Hacker Perfect?

in , , , ,
Pendeteksi wajah di facebook by teknodaim

Facebook saat ini tengah ramai disorot mengenai keamanan privasi pengguna, terutama mengenai nasib para pengguna setelah adanya serangan dari Spyware Israel yang berhasil membobol cukup banyak akun WhatsApp. Salah satu langkah yang mereka ambil saat ini menghadirkan pendeteksi wajah di Facebook.

Aplikasi pengenalan wajah saat ini tengah mereka kembangkan, sayangnya fitur ini tidak dirilis untuk publik, melainkan hanya tersedia di internal. Dengan aplikasi itu, pegawai bisa mengidentifikasi rekan kerjanya menggunakan HP.

Seperti Apa si Fitur Pendeteksi Wajah?

Cara kerja dari aplikasi cukup sederhana, mirip seperti fitur-fitur pendeteksi yang ada di pengunci layar ponsel saat ini. Pegawai Facebook bisa mengidentifikasi rekan kerja dengan mengarahkan kamera ponsel ke arah wajahnya.

Aplikasi tersebut sebenarnya sudah dikembangkan sejak lama, dimulai tahun 2015 lalu namun dihentikan di tahun 2016. Dan baru dimanfaatkan sekarang. Ini merupakan upaya pembelajaran mereka akan perkembangan teknologi.

Pendeteksi wajah di facebook by teknodaim
Ilustrasi Pendeteksi Wajah di Facebook | Bobo Grid ID

Orang-orang internal Facebook bisa mengarahkan kamera ponsel ke orang lain dan akan tampil nama serta foto profil Facebook mereka dalam beberapa detik.

Aplikasi yang masih dalam pengembangan ini mungkin merupakan langkah mereka dalam upaya bereksperimen meningkatkan level keamanan Facebook.

Kalau kamu sendiri gimana nih, ada tanggapan atau ekspetasi tersendiri mengenai aplikasi atau fitur baru yang dihadirkan Facebook ini? Jika ada, silahkan tulis di kolom komentar. Bagikan juga ke teman-teman bila bermanfaat.


Sumber: Detik Inet

What do you think?