Teknodaim

    Presiden AS Dorong Pembangunan 5G Sendiri Demi Tak Tersentuh China

    Setelah sudah hampir tidak memiliki peluang untuk rujuk antara Amerika Serikat dengan satu perusahaan raksasa China yakni Huawei, pembangunan 5G AS kini akan segera mulai. Hal ini menjadi pemasti bahwa negara yang Donald Trump pimpin benar-benar ingin tidak terlibat ketergantungan dengan teknologi dari negara China. Presiden negeri paman sam mendorong agar industri-industri negaranya segera memutus […]

    Pembangunan 5g As By Teknodaim

    Bendera Amerika Serikat | Ic-mes.org

    Setelah sudah hampir tidak memiliki peluang untuk rujuk antara Amerika Serikat dengan satu perusahaan raksasa China yakni Huawei, pembangunan 5G AS kini akan segera mulai. Hal ini menjadi pemasti bahwa negara yang Donald Trump pimpin benar-benar ingin tidak terlibat ketergantungan dengan teknologi dari negara China.

    Presiden negeri paman sam mendorong agar industri-industri negaranya segera memutus total hubungan bisnis dengan Huawei soal 5G. Dengan demikian, maka Amerika Serikat akan membangun infrastruktur teknologi 5G secara mandiri untuk penggunaan dan kepemilikan sendiri.

    Amerika Serikat dan Perusahaan Teknologi

    Persaingan dagang antara Amerika Serikat dengan China sudah tidak terbendung lagi. Fakta satu ini bertambah lebih parah dengan keretakan keduanya soal bisnis teknologi. Padahal Huawei merupakan perusahaan China yang terdepan soal perangkat keras telekomunikasi dunia.

    Mulai dari kepemimpinannya 3 tahun lalu, Donald Trump dan pemerintah AS melayangkan tuduhan terhadap industri teknologi China terkait isu keamanan dan perjanjian perdagangan. Huawei menjadi salah satu pihak yang dianggap menjadi spion Pemerintah China yang lalu mengancam keamanan Amerika Serikat. Hingga sekarang harus ada pembangunan 5G AS original sendiri.

    Presiden AS Dorong Pembangunan 5G Sendiri Demi Tak Tersentuh China
    Negara-negara yang menolak 5G China | CNBC Indonesia

    Masalah tadi adalah penyebab yang memaksa Google kemudian harus mencabut lisensi Android mereka untuk Huawei. Dan ini menjadi awal keterpurukan Huawei sehingga tidak bisa menggunakan OS Android dan bahkan sekedar satu layanan Google saja.

    BACA JUGA:  Anggota DPR Berharap 5G Segera Hadir ke Indonesia

    Perselisihan ini terus berlanjut dan membuat teknologi 5G menjadi masalah antara keduanya, Huawei tidak bisa memberikan infrastruktur mereka dan begitu pun sebaliknya. Perusahaan Amerika dilarang untuk menggunakan infrastruktur jaringan 5G ciptaan Huawei.

    Amerika Serikat juga akan memberikan suntikan dana besar untuk industri lokal mereka supaya bisa mencapai keberhasilan yang pernah Huawei raih. Beberapa gerakan yang terlihat, Gedung Putih mulai menggaet sejumlah perusahaan raksasa seperti Dell dan Microsoft dalam pengadaan bisnis perangkat keras dan pembangunan 5G AS sendiri.

    Suntikan Dana Pemerintah Untuk Pembangunan 5G AS

    Sebagai langkah pasti, anggota parlemen Senat sedang menyusun rancangan undang-undang supaya pemerintah dapat memberikan suntikan dana 1 Miliar USD. Nominal tersebut mereka tujukan kepada pengembangan teknologi telekomunikasi termasuk 5G, rancangan undang-undangnya sudah disusun bulan ini.

    Dana sebesar 1 Miliar USD tadi juga akan mereka gunakan untuk menyetop dominasi Huawei di pasar luar negeri. Nokia dan Ericsson termasuk dalam perusahaan yang akan mendapat suntikan.

    BACA JUGA:  Dikucilkan, Huawei Ternyata Pindahkan Jalur Data Lewat China!

    Sekarang kita nantikan saja bagaimana kelanjutan konflik dan bagaimana jadinya pembangunan 5G AS ini, dan siapa yang akan unggul. Mungkin kamu punya tanggapan atau ekspektasi tersendiri soal 5G, tulis di kolom komentar saja.


    Sumber: CNN Indonesia

    5GAmerika SerikatChina dan Amerika Serikat

    In This Article

    Related Posts