menu
Teknodaim.com
Teknodaim.comBeritaOPPO Minta Izin Bawa Smartphone 5G ke Indonesia, Buat Apa?

OPPO Minta Izin Bawa Smartphone 5G ke Indonesia, Buat Apa?

OPPO Minta Izin Kominfo Untuk Membawa Smartphone 5G Ke Indonesia

Baru-baru ini, terdapat kabar yang mengatakan OPPO telah meminta izin untuk membawa smartphone 5G mereka ke pasar Indonesia kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Walaupun pihak OPPO meminta untuk membawa smartphone 5G, nyatanya mereka sendiri masih belum tau soal aturan 5G di Indonesia. Oleh karena inilah selagi meminta izin kepada Kominfo, mereka juga bertanya soal peraturan jaringan 5G di Indonesia.

Sebagai Public Relation Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto mengatakan mereka telah mendapatkan arahan dari Kominfo. Seperti bagaimana nantinya untuk menyelenggarakan atau membuat perangkat yang dapat memakai jaringan 5G di Indonesia.

Aryo juga mengatakan setelah mendapatkan arahan dari Kominfo, kami juga mendatangi Kementerian Perindustrian untuk berbicara kepada mereka soal jaringan 5G. Nantinya jika ada kesempatan, kami juga akan berkunjung ke Kemenperin untuk berbicara mengenai OPPO membawa smartphone 5G ini.

JANGAN LEWATKAN •
Segara Buka Blokir, Netflix Harus Ikuti Aturan-Aturan Ini
Ilustrasi Logo Perusahaan OPPO
Ilustrasi Logo Perusahaan OPPO | HiTekno.com

Penjelasan Singkat Apa Itu 5G

Sebagai informasi tambahan, 5G adalah singkatan dari Fifth Generation (generasi kelima). Istilah ini digunakan oleh dunia untuk menyebut jaringan telekomunikasi. Semakin tinggi generasinya, maka semakin tinggi pula kecepatan dan kestabilannya jika berada di daerah yang mendukung.

Banyak orang bertanya-tanya, mengapa jaringan 5G diklaim sangat cepat dalam melakukan download, upload atau pun penggunaan harian. Jadi, singkatnya jaringan tersebut sendiri telah memiliki latensi yang sangat rendah. Seperti yang kalian ketahui, semakin kecil latensi sebuah teknologi, maka akan semakin cepat pula responsifnya. Dikatakan, jaringan 5G ini memiliki kecepatan 100 kali lebih cepat daripada 4G loh.

Oh iya, bagi yang belum tau jaringan 5G ini sendiri dapat kita gunakan di frekuensi yang berbeda-beda, seperti siaran televisi, mobile data, sinyal navigasi maritim dan aeronautical. Penggunaan frekuensi ini sendiri dapat kita gunakan di berbagai perangkat karena di regulasikan oleh International Telecommunication Union (ITU) asal Swiss.

JANGAN LEWATKAN •
Jaringan Ngeleg? Mungkin Hal Ini yang Jadi Penyebabnya
Ilustrasi Jaringan 5G
Ilustrasi Jaringan 5G | detikInet

OPPO Akan Bantu Indonesia Realisasikan 5G?

Ngomong-ngomong, untuk apa perusahaan OPPO meminta izin untuk membawa smartphone 5G ke Indonesia ya? Padahal saat ini belum ada daerah yang sudah dapat menikmati jaringan 5G di Indonesia. Bukankah teknologi tersebut nantinya akan sia-sia saja jika tidak dapat kita gunakan. Atau, apakah mungkin perusahaan asal China tersebut nantinya akan membantu Indonesia dalam merealisasikan jaringan 5G?


Sumber : CNN Indonesia

Tambah Komentar