menu
Teknodaim.com
Teknodaim.comBeritaMulai Juni 2021, Google Photos Bakal Jadi Berbayar!

Mulai Juni 2021, Google Photos Bakal Jadi Berbayar!

Google Photos

Setelah bertahun-tahun memberikan layanan aplikasi menyimpan foto dengan gratis, mulai bulan Juni 2021 nanti akhirnya Google akan membuat layanan tersebut menjadi berbayar. Hal ini sendiri khusus untuk pelanggan yang menggunakan Google Photos versi gratis dan semi-reguler akan diminta untuk membayar biaya berlangganan lewat skema Google One.

Kabar baiknya, Google hanya akan membatasi ruang penyimpan gratis di Google Photos sebesar 15 GB, sama seperti Google Drive versi gratis. Jika pengguna ingin menggunakan penyimpan lebih dari 15 GB, diharuskan untuk membayar biaya USD $1,99 atau sekitar Rp 28.000 per bulannya.

Google Jadikan Layanan Google Photos Berbayar
Google Jadikan Layanan Google Photos Berbayar | Konfirmasi Times

Sebagai Vice President Google Photos, Shimrit Ben Yair mengatakan mereka membuat keputusan ini untuk memberikan layanan yang terbaik bagi pelanggan. Hal ini juga perlu dilakukan agar aplikasi ini tetap hidup dari dana yang didapatkan.

Shimrit juga mengatakan pembatasan 15 GB untuk foto dan video yang telah diupload sebelum 1 Juni 2021 tidak akan dihitung. Foto dan video tersebut tidak akan terhitung dalam 15 GB penyimpan. Nantinya pengguna akan mendapatkan murni penyimpanan sebesar 15 GB tanpa dihitung foto ataupun video lama.

Jatah Berlangganan Google Photos

Oh iya, jika nantinya ada pelanggan yang berlangganan layanan ini, pengguna akan mendapatkan penyimpanan 100 GB. Tidak hanya itu saja, jika pelanggan juga bisa mendapatkan diskon pembelian di Google Store jika berlangganan layanan ini.

JANGAN LEWATKAN •
Mantap, Ini Jadwal Rilis Android 11 Versi Final!

Untuk pengguna yang menggunakan smartphone dari Google, yaitu Pixel tidak akan terkena kebijakan baru ini selama periode tertentu. Jadi pengguna smartphone tersebut akan terus mendapatkan backup dari Google dan tentu saja dapat menyimpan foto dan video tanpa dibatasi 15 GB penyimpanan.

Kebijakan Baru Google Tentang Google Photos

Selain itu, Google juga memperkenalkan kebijakan baru mereka. Yaitu menghapus semua data dari akun yang sudah tidak aktif lagi selama lebih dari dua tahun. Tidak hanya di Google Photos, kebijakan ini nantinya akan masuk kedalam semua layanan aplikasi mereka.

Ilustrasi Logo Perusahaan Google
Ilustrasi Logo Perusahaan Google | Euronews

Bagi yang belum tau, sepertinya Google mulai menetapkan penyimpan 15 GB untuk setiap layanan mereka. Seperti Gmail, Drive, Email dan mungkin aplikasi lainnya juga akan seperti itu.


Sumber : CNN Indonesia

Tambah Komentar