BeritaInternet

Rencana Ibadah Haji di Dunia Metaverse Viral, Menuai Banyak Kontroversi

Arab Saudi adalah salah satu negara dengan mayoritas masyarakat beragama islam terbanyak di dunia. Kabarnya negara Arab Saudi tersebut kini tengah mencoba cara baru untuk membuat Ka’bah di Masjidil Haram, Mekah dalam dunia vritual dengan konsep Metaverse.

Perkembangan teknologi yang menghadirkan Ka’bah di metaverse disebut dapat menjadi salah satu solusi untuk memberikan pengalaman ibadah. Bagi semua umat muslim yang mengidamkan ingin pergi ke sana.

Dengan begitu, orang-orang jadi tidak perlu lagi repot-repot bepergian dari jauh untuk bisa pergi ke Ka’bah di Masjidil Haram, Mekah. Meski begitu rencana Metaverse Haji tersebut menjadi viral di jejagat Media Sosial dan menuai banyak kontroversi.

Banyak yang beranggapan bahwa melakukan ibadah secara virtual itu tidak sah karena tidak termasuk dalam hukum agama Islam.

Rencana Metaverse Haji Menuai Banyak Kontroversi

Menurut Coinmarketcap, yaitu salah satu platform Cryptocurrency teramai yang ada di dunia. Metaverse adalah sebuah ruang virtual yang menciptakan berbagai versi digital dari berbagai aspek yang ada di dunian yata. Baik itu untuk interaksi, komunikasi bahkan untuk fungsi ekonomi sekalipun.

Namun ulama Arab Saudi memiliki pandangan lain yaitu memanfatkan Metaverse sebagai gerbang untuk melakukan ibadah secara online atau virtual.

Metaverse Haji
Metaverse Haji

Teknologi VR sendiri disebut-sebut dapat membawa yang awalnya terasa sulit dilakukan di dunia nyata menjadi lebih mudah, salah satunya ibadah haji. Para umat muslim bisa melakukan ibadah haji dimanapun dan kapanpun mereka mau di dunia Virtual dengan menggunakan perangkat VR.

Meski demikian, rencana Metaverse Haji ini masih diperdebatkan oleh banyak kalangan, terutama bagi mereka yang menilai tinggi nilai ibadanya.


Demikian itulah tadi informasi terkait rencana Ibadah Haji di Metaverse yang menuai banyak kontroversi yang dapat Teknodaim berikan. Kalau ada pertanyaan atau hal lainnya yang ingin kamu sampaikan, bisa tuliskan aja ke kolom komentar yang tersedia.

Related Posts