menu
Teknodaim.com
Teknodaim.com Berita Chipset Snapdragon 888 Rilis, Inilah Smartphone yang Menggunakannya

Chipset Snapdragon 888 Rilis, Inilah Smartphone yang Menggunakannya

Qualcomm Snapdragon 888 5G

Seperti yang kalian ketahui, baru-baru ini salah satu pembuat chipset smartphone terbesar di dunia, yaitu Qualcomm mengumumkan produk terbaru mereka, yaitu Snapdragon 888. Pengumuman ini sendiri mereka gelar para acara Tech Summit pada tanggal 1 Desember kemarin.

Jika dilihat-lihat, entah mengapa Qualcomm kali ini membuat nama chipset mereka menjadi 888, dan bukannya menggunakan akhiran angka lima seperti tradisi yang telah mereka lakukan selama ini.

Perusahaan Qualcomm
Perusahaan Qualcomm | Counterpoint Research

Spesifikasi Singkat Snapdragon 888

Qualcomm mengatakan chipset Snapdragon 888 ini adalah penyempurnaan dari Snapdragon 865 yang masih menggunakan chip 5G terpisah. Sedangkan Snapdragon 888 sendiri sudah menggunakan chip 5G X60 yang menggunakan fabrikasi 5nm ke dalam system on chip (SoC) chipset tersebut.

Modem 5G X60 5nm yang ditanamkan pada Snapdragon 888 tersebut memiliki kompatibilitas mmWave dan sub-6 5G. Modem ini juga mendukung penggunaan multi-SIM, 5G standalone, 5G non-standalone, FDD, TDD dan Dynamic Spectrum Sharing.

JANGAN LEWATKAN •
Ponsel Baru Oppo Rilis Bulan Februari di Indonesia, Ini Tanggalnya!

Tidak hanya itu saja, chipset ini juga memiliki kompatibilitas dan jaminan untuk bisa menggunakan semua jaringan 5G. Selain 5G, 4G juga mendapatkan peningkatan disini yang dimana terdapat sebuah fitur SoC yang bernama Dynamic Spectrum Sharing yang berguna untuk meningkatkan jaringan 4G lebih cepat dari sebelumnya.

Selain spesifikasi di atas, Snapdragon 888 juga mempunyai dukungan AI Engine generasi keenam yang sangat menjanjikan untuk meningkatkan performa dan penghematan daya yang besar. Terlebih lagi, chipset ini juga sudah meningkatkan kinerja Adreno GPU-nya dan sudah menggunakan teknologi Elite Gaming generasi ketiga untuk meningkatkan performa gaming loh.


Merk Smartphone yang Menggunakan Snapdragon 888

Untuk merk smartphone yang akan menggunakan chipset terbaru, Snapdragon 888 ini sendiri nantinya adalah Xiaomi, Black Shark, ASUS, OPPO, VIVO, Realme, Lenovo, LG, OnePlus, ZTE, Meizu, Sharp, Nubia dan Motorola. Untuk saat ini hanya merk tersebut sajalah yang di konfirmasi akan menggunakan chipset ini. Namun untuk kedepannya mungkin akan terdapat merk lainnya seperti Samsung, Huawei dan lain sebagainya.

Ilustrasi Penampakan Snapdragon 888 5G
Ilustrasi Penampakan Snapdragon 888 5G | Android Authority

Ngomong-ngomong, menurut pendapat kalian masing-masing apakah chipset terbaru besutan dari Qualcomm ini layak untuk dinantikan? Atau malah teknologi yang ditambahkan ke Snapdragon 888 ini tidak terlalu berguna? Jangan lupa untuk mengatakan pendapat kalian ini melalui kolom komentar ya!.

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks