menu
Teknodaim.com
Teknodaim.comBeritaBerikut Tanda-Tanda dan Cara Menangani Kartu SD yang Rusak!

Berikut Tanda-Tanda dan Cara Menangani Kartu SD yang Rusak!

Kartu Sd Rusak

File yang rusak atau corrupt pada smartphone biasanya terjadi pada bagian memori eksternal atau kartu SD. Penyebabnya bisa macam-macam, mulai dari penulisan data yang tidak sesuai, bahkan bisa juga karena terkena virus malware, aplikasi atau program yang berisi virus.

Kartu Sd Rusak 3
Ilustrasi Kartu SD Belah Dua | Gadgets Now

Malware biasanya muncul dari virus pada PC yang biasanya spesifik menyerang isi Hardisk. Mungkin Kartu SD yang sedang tersambung ke PC juga ikut terkena dampaknya, karena pada saat memindahkan file data seringkali terdapat file tambahan. Atau malah file yang kita pindahkan berubah namanya. Untuk lebih spesifiknya kamu bisa simak pembahasan berikut.

Tanda-Tanda Mengenai Kartu SD yang Rusak

1. Kartu SD tidak Terdeteksi

Ketika sebuah kartu SD rusak, biasanya akan terjadi gejala terhadap pendeteksi kartu. Kemungkinan, kartu yang rusak tadi tidak dapat dikenali sistem pembaca kartu tersebut.

2. File Dalam Kartu SD Hilang

Setelah tidak terdeteksi, terdapat juga kemungkinan bahwa foto atau video yang tersimpan nampaknya akan hilang. Hal tersebut dapat terjadi karena terdapat kesalahan sistem pada file yang terletak dalam kartu SD.

3. Munculnya File yang Tidak Dikenali

Kalau kamu tiba-tiba mempunyai file yang seharusnya tidak ada di kartu SD, kemungkinan besar file tersebut sudah terinjeksi malware atau virus yang dapat membuat kerusakan total.

4. Layar Kamera EROR

kartu SD yang rusak, mampu menyebabkan kerusakan pada perangkat dan kamera ponselmu, sehingga kamera ponsel hanya akan menampilkan layar hitam.


Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak

Bagi kamu yang bingung mengenai cara menanganinya, terdapat beberapa cara mengatasi masalah tersebut, yaitu sebagai berikut.

JANGAN LEWATKAN •
Update, Hapus 3 Aplikasi Ini di Android Karena Berbahaya!

1. Gunakan Alat Pemeriksa Disk

Apabila data anda yang sebenarnya tidak mengalami corrupt dan kartu SD secara fisik baik-baik saja. Maka, pemeriksa disk akan membangun kembali struktur logisnya dan fisik seharusnya agar dapat berfungsi kembali.

2. Menggunakan Software Khusus

Perangkat lunak atau kata singkatnya software mungkin dapat mengatasi batasan standar manajemen drive rata-rata, kemudian mengganti file kartu SD yang rusak sedikit demi sedikit dengan menggunakan metode brute force.

3. Minta Bantuan Profesional

Jika anda ragu menggunakan kedua cara sebelumnya, kalian bisa minta bantuan kepada orang yang lebih berpengalaman atau sudah profesional.


Kalau kamu punya pengalaman dan cara tersendiri mengenai cara mengatasi masalah tersebut. Bisa bagikan pendapatmu pada kolom komentar.


Sumber: CNN Indonesia

Tambah Komentar