BeritaGadget

MediaTek Luncurkan Dua Chipset Terbaru Khusus Chromebook

Baru-baru ini terdapat kabar yang mengatakan bahwa salah satu perusahaan semikonduktor terbesar di dunia, yaitu MediaTek telah mengumumkan chipset terbaru mereka. Produk tersebut mereka beri nama MT8192 dan MT8195 yang dikhususkan untuk laptop buatan Google, yaitu Chromebook generasi terbaru.

MediaTek mengklaim chipset terbaru ini memiliki dua varian standar dan premium untuk Chromebook. Yaitu MT8192 dengan fabrikasi 7nm untuk perangkat standar dan MT8195 dengan fabrikasi 6nm untuk perangkat premium.

MediaTek sendiri membuat chipset ini sesuai dengan permintaan Google, yaitu memiliki performa tinggi, stabil dan membuat baterai berumur panjang serta awet. Tidak hanya itu saja, chipset ini juga sudah optimal di berbagai software ataupun aplikasi yang membutuhkan perangkat high-end loh.

MediaTek Siapkan Dua Chipset Khusus Chromebook

Ilustrasi Logo Perusahaan Google
Ilustrasi Logo Perusahaan Google | Euronews

Sebagai Corporate Senior Vice President MediaTek, Jerry Yu mengatakan Chromebook sekarang mendapatkan peningkatan popularitas yang luar biasa. Hal tersebut sendiri terjadi karena semakin banyak orang yang bekerja dan belajar di rumah menggunakan perangkat Chromebook. Terlebih lagi, MediaTek juga sudah memberdayai sebagian Chromebook yang sudah populer di pasaran. Jadi pastinya kalian tidak akan kecewa menggunakan laptop ini karena sudah ditenagai oleh chipset-chipset baru buatan kami.

Tidak hanya itu saja, Jerry juga mengatakan chipset MT8192 7nm dan MT8195 6nm ini memiliki berbagai macam fitur yang memaksimalkan perangkat Chromebook. Nantinya chipset buatan kami ini juga akan ada di perangkat lainnya, maupun itu yang dapat diputar, dilipat, dilepaskan dan lain-lain.

Fitur Unggulan Chipset MT8192 dan 8195

Chipset MediaTek yang berada di Chromebook generasi terbaru, yaitu MT8192 7nm dan 8195 6nm sendiri nantinya akan memiliki berbagai macam fitur unggulan seperti APU (AI processing unit), DSP (digital signal processor) VoW (voice wakeup), Dolby Vision, Surround Sound 7.1, dan CodeC AV1.

Oh iya, kedua chipset MediaTek ini nantinya akan memiliki 8 core yang dibagi masing-masing menjadi 2 di Chromebook. Nantinya fitur-fitur unggulan yang diterakan di atas akan datang pada Chromebook generasi terbaru.

Chipset Mediatek
Chipset MediaTek | Kompas Tekno

Untuk harga Chromebook yang akan menggunakan chipset MediaTek MT8192 7nm dan 8195 6nm ini sendiri belum diumumkan. Namun karena ini adalah perangkat dari Google, sepertinya harganya tidak akan jauh berbeda dari seri yang sebelumnya.


Sumber : Selular.ID

Related Posts