Berita

Ini Alasan Kenapa LK21 Jadi Aplikasi Nonton Film Gratis Paling Ngehits!

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki antusias tinggi terhadap situs konten video, termasuk film dari situs-situs streaming online. Salah satu situs sekaligus layanan aplikasi yang mendapatkan antusias banyak adalah platform bernama LK21, LK21XXI dan ada pula LK21 IndoXXI.

Beberapa situs dengan nama mirip tersebut merupakan layanan streaming film online gratis yang konten filmnya diburu oleh penikmat film Indonesia. Namun satu fakta yang harus kita ketahui bersama, situs-situs tersebut adalah ilegal dan merupakan layanan yang dikelola dengan bebas dari pengawasan pemerintah.

Namun beberapa bulan lalu, Pemerintah Indonesia mengambil keputusan untuk menyapu situs-situs streaming ilegal secara masal. Sebelumnya sempat berjaya IndoXXI, namun mereka sudah menyerah dan menutup situsnya sendiri.

LK21 IndoXXI Dalam Bentuk Reinkarnasi?

Hengkangnya IndoXXI menimbulkan berbagai reaksi dari netizen Indonesia, banyak juga yang bersedih dengan hal ini. Namun ternyata dominasi IndoXXI kini tergantikan oleh LK21 yang tidak lain juga adalah Layarkaca21.

Walau Pemerintah sudah menerapkan regulasi dan aturan yang lebih mencekik pelaku usaha ilegal situs penayangan film bajakan, nyatanya masih banyak layanan serupa yang beredar. Layarkaca21 pun masih sukses menguasai antusias penikmat film tanah air dengan menghadirkan berbagai film bajakan bahkan untuk film-film rilisan baru.

Kepopuleran Lk21 Indoxxi Dan Lk21xxi By Teknodaim
Strategi Baru LK21

LK21 atau Layarkaca21 tentunya harus sibuk dengan yang namanya gonta-ganti domain, mengingat Pemerintah terus membasmi domain mereka dengan melakukan pemblokiran. LK21 sendiri bukan merupakan satu situs yang sama dengan pemilik IndoXXI, namun kita juga tidak bisa mengatakannya pasti, karena pemiliknya tidak tampak gamblang.


Alasannya LK21 IndoXXI Sukses Menguasai Pangsa Penikmat Film

Kepopuleran Lk21 Indoxxi Dan Lk21xxi By Teknodaim
Screenshoot Alexa Rank LK21

Menyoal kepopuleran dan banyaknya angka visitor, penonton ataupun pelanggan, LK21 sampai saat ini tetap menjadi yang teratas. Bahkan dari data dari situs alexa memperlihatkan salah satu situs mereka mengalami lonjakan peminat yang sangat naik tinggi.

Jika ada pertanyaan yang berbunyi, kenapa situs LK21 IndoXXI menjadi situs yang paling hits dan banyak mendapatkan pengguna, ada cukup banyak jawabannya. Yang paling utama tentu adalah karena LK21 menyediakan tontonan konten film yang dapat penonton nikmati secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya berlangganan dan lain semacamnya.

Di tengah badai yang terus menerjang ranah pebisnis film bajakan yang ilegal ini, LK21 ternyata menerapkan strategi baru yang cukup masif tingkat berhasilnya. Apa saja itu? Simak:

  • Menyelipkan Konten atau Film Dewasa (Semi Porn*)
  • Merilis layanan mereka versi aplikasi Mobile (Android)
  • Merilis layanan mereka lewat Ekstensi dari Google Chrome
  • Memaparkan situs-situs mereka dengan belasan domain yang berbeda

Taktik paling manjur yang LK21 IndoXXI terapkan mungkin adalah selalu memiliki situs backup lebih dari satu yang domainnya berbeda-beda. Kemudian, mereka juga memiliki layanan versi mobile yang dapat penonton akses melalui aplikasi untuk Android buatan mereka.

Kepopuleran Lk21 Indoxxi Dan Lk21xxi By Teknodaim
Jajaran Situs Ilegal LK21 dengan Domain beragam
Kepopuleran LK21 Indoxxi dan LK21XXI by Teknodaim
Aplikasi Buatan LK21

Namun ada satu aspek yang tidak kalah pentingnya sehingga menyebabkan penonton film bajakan Indonesia selalu mengingat LK21 sebagai layanan paling cocok. Apa itu?


Amunisi Konten LK21 IndoXXI

Selain menerapkan strategi yang penulis Teknodaim sebutkan tadi, satu alasan utama soal mengapa LK21 mampu menjadi yang teratas adalah soal konten. Tidak hanya menawarkan layanan nonton film gratis, LK21 juga memiliki inventory film yang tergolong lengkap, bahkan lebih lengkap ketimbang beberapa layanan berbayar.

Lebih parahnya lagi, film-film yang tersaji pada situs ataupun yang mereka sebut bioskop LK21memiliki varian kualitas mulai dari yang standar hemat kuota hingga HD bahkan Bluray.

Dengan demikian, tidak heran rasanya bila situs semacam LK21XXI dan saudara-saudaranya tetap dapat eksis untuk mendapatkan sekian keuntungan dari bisnis ilegal mereka. Bahkan mereka sudah mulai jaya dari awal menggunakan domain com, tv, dgital, lain-lain hingga sampai berganti menggunakan domain alamat IP.

Kepopuleran LK21 Indoxxi dan LK21XXI by Teknodaim 1 2
Salah satu situs LK21 Indoxxi yang menggunakan domain beralamatkan IP

Sebagai informasi saja, situs LK21 IndoXXI memulai debutnya kurang lebih sekitar sekitar 5-6 tahun yang lalu. Pada saat itu, masih sangat banyak pesaing LK21XXI dan saudara-saudaranya, bahkan mereka masih menggunakan satu domain tetap saja.

Situs-situs sejenis sering mempromosikan layanan mereka ke forum-forum termasuk grup Facebook, bahkan mereka rela membeli grup sekalian. Pada saat itu mereka bergantung pada sumber-sumber film seperti Ganool.

Mungkin untuk kaum 90-an sudah sangat familiar dengan Ganool, yakni situs download film yang sangat populer di era P2P sharing atau lebih populer dengan istilah Torrent. Kala itu, Torrent memang menjadi pusat berbagi file, film-film bajakan sangat mudah di-download. Bahkan saat itu banyak produsen DVD bajakan yang menjadikan Torent sebagai sumber konten mereka.


Apa yang LK21 Indoxxi Dapatkan?

Kalau membahas apa keuntungan yang LK21 IndoXXI dan saudara-saudaranya dapatkan, jawaban pastinya adalah cuan atau uang. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya iklan dan banner yang tayang dalam situs mereka, banner bagian atas, samping bahkan pop-up saat kita klik asal-asalan di situsnya.

Setiap iklan dan ukurannya memiliki nilai jual yang berbeda-beda, mereka mematok sekian harga yang sudah mereka tentukan kepada pengiklan yang memasang iklan promosi. Nah situs-situs seperti ini tidak akan jauh dari yang namanya iklan judi, iklan film porno, hal-hal ilegal dan sejenisnya.

Bahkan pada masanya berbisnis layanan streaming film ilegal sangat menguntungkan. Tapi saat ini akan sangat sulit untuk pemula, mengingat Pemerintah sudah bergerak cepat untuk menebas situs film ilegal.

Sementara di satu sisi situs film ilegal mendapat sekian cuan, dari sisi lainnya pula kreator, produsen atau pembuat film akan mendapatkan sekian kerugian besar tanpa disadari. Hal ini terjadi karena orang-orang cenderung akan lebih memilih untuk menunggu bajakan ketimbang menontonnya dengan membayar.

Semoga kita tidak bergantung dengan situs film bajakan. Dengan menonton dan membeli layanan untuk menonton film resmi atau legal, secara tidak langsung kita juga mendukung industri film supaya dapat terus berjalan dengan semestinya.

Kalau kamu ada tanggapan soal tulisan penulis Teknodaim satu ini, silahkan saja tulis pada kolom komentar. Mungkin ada yang mau ditanyakan soal LK21XXI, atau opini tersendiri.


Referensi: Telset ID

What's your reaction?

Related Posts