menu
Teknodaim.com
Teknodaim.com Berita Kapasitas ROM PS5 Tidak Bisa Ditambah dan Tidak Sampai 1 TB

Kapasitas ROM PS5 Tidak Bisa Ditambah dan Tidak Sampai 1 TB

Berapa Kapasitas Ssd Ps5 By Teknodaim

PlayStation generasi terbaru alias PS5 merupakan salah satu perangkat konsol yang banyak penggemar tunggu. Berbagai gamers sudah tidak sabar ingin mencobanya, baik untuk melihat kualitas dan fitur-fitur baru yang hanya ada padanya. Salah satu kebenaran yang mungkin akan disukai atau sebaliknya adalah soal kapasitas SSD PS5.

Sony memastikan bahwa penyimpanan untuk konsol generasi kelima mereka akan menggunakan teknologi SSD yang kapasitasnya tidak bisa pengguna ekspansi. Dengan demikian maka kapasitas pada PlayStation 5 hanya akan bergantung pada kapasitas bawaan yang Sony sediakan dari pabrik.

Tidak Bisa Ditambah Untuk Saat Ini, Tapi!

Benar bahwa untuk versi yang akan segera rilis nanti kapasitas penyimpanan pada PS5 belum bisa pengguna kustom. Sony sendiri menanamkan SSD PCIe yang tidak dapat pengguna gonta-ganti.

Namun walau demikian, terdapat slot internal yang secara teoritis bisa dipasangi SSD jenis M.2 yang sangat kecil. Letak atau tempat untuk mengakses slot tersebut juga tergolong tidak terlalu kompleks atau terlalu sulit.

JANGAN LEWATKAN •
Begini Cara Memainkan Game PS4 di PS5

Alasan mengapa slot M.2 yang penulis maksud mudah pengguna temukan karena ini yang terlihat dari video teardown PS5 Sony rilis sendiri resmi. Namun awalnya slot tersebut akan Sony matikan, namun kita lihat saja hingga perilisannya nanti.

Kapasitas Storage PS5

Ketimbang Xbox Series X, Playstation 5 sebagai pesaingnya sudah Sony konfirmasi akan rilis dengan kapasitas storage yang lebih kecil yaitu pada angka 825 GB saja. Perlu kita ketahui bahwa 825 GB itu adalah untuk kapasitas seluruhnya, termasuk untuk jatah sistem pula. Berbeda dengan Xbox X yang jatahnya adalah 1 TB yang mana 150 GB termakan sistem.

Untuk PS5, potongan oleh sistem operasinya tentu akan membuat angkanya cukup jauh dari 825 Gigabyte. Ada informasi dari seorang leaker Okami13, yang memberikan datanya berdasar dari salah satu unit review yang saat ini mulai tersebar pada beberapa media seluruh dunia.

JANGAN LEWATKAN •
Harga Game Ekslusif PS5 Yang Sudah Diumumkan

Leaker tersebut mengungkapkan bahwa kapasitas penyimpanan Playstation 5 akan terpotong cukup besar. Pemilik atau pembeli konsol nantinya hanya dapat menikmati atau menggunakan kurang lebih sekitar 667 GB saja sebagai kapasitas untuk menyimpan game.

Angka tersebut ternyata akan sama terhadap Playstation 5 Standar dan Digital Edition. Belum lagi karena setiap unit Playstation 5 akan Sony bekali dengan game bawaan Astro’s Playroom, kapasitas yang valid untuk pengguna hanya tersisa 648 GB saja.


Baca Juga: Spesifikasi PS5


Storage PlayStation 5 Tidak Bisa Pengguna Tambah?

pertanyaan mengenai berapa kapasitas PS5 yang pasti tadi sudah terjawab. Bagi kamu yang akan membeli konsol tersebut dan tidak menyukai game bawaan yang sudah terinstal, kamu bisa menghapus Astro’s Playroom bila tidak membutuhkannya.

JANGAN LEWATKAN •
Ada PlayStation 5 Pro yang Disiapkan Sony?

Kembali soal ekspansi, sebenarnya sudah sedikit diungkap oleh Mark Cerny, yang tidak lain adalah pembuat hardware PlayStation bulan Maret 2020 lalu. Orang internal itu mengatakan bahwa slot M.2 sepertinya akan membutuhkan waktu sampai pengguna bisa menambahkan kapasitasnya sendiri secara manual.

Dengan demikian pengguna harus menahan dulu pembelian SSD jenis M.2 sebelum mendapat informasi lanjutan dari Sony. Ini terkait dengan kompatibilitas kecepatan dan pengoptimalan sebuah SSD M.2 ke konsol PS5. Sosok tersebut menyarankan SSD yang bakal kompatibel wajib memiliki bandwidth lebih dari 5,5 GB/s, menggunakan koneksi PCIe Gen4, dan tidak menggunakan heatsink besar agar bisa masuk ke slotnya.

Sementara sekarang SSD M.2 yang menggunakan PCIe Gen4 pun masih belum terlalu banyak. Hal inilah yang menjadi alasan Sony untuk membutuhkan waktu agar dapat melakukan verifikasi kompabilitas SSD dengan PS5.

JANGAN LEWATKAN •
Daftar Game PS5 Yang Akan Hadir di Tahun 2021

Dengan kata lain, pengguna sementara harus bisa puas dengan kapasitas 825 GB yang juga akan termakan oleh sistem dan game bawaan. Padahal jika kita lihat game-game baru sekarang ukurannya sudah sangat raksasa, misalnya saja Spider-Man: Miles Morales dengan size 50GB.

Belum lagi ada Call of Duty: Black Ops Cold War yang ukuran filenya sangat fantastis hingga tembus 133 GB. Namun untuk kelanjutan mengenai hal tersebut, kita ikuti saja sampai tiba waktu perilisan resminya tanggal 12 November mendatang untuk beberapa negara. Sementara untuk 19 November 2020 akan menjadi tanggal penyusulan negara-negara lainnya termasuk Asia.

Ada tanggapan, respon atau opini seputar PlayStation 5? Jika ada, silakan tulis bebas pada kolom komentar.


Sumber: Detik Inet, Jagat Play

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks