Berita

Kapan Kira-kira Pandemi Covid-19 Akan Berakhir? Ini Jawaban WHO

Pandemi Covid-19 kini telah memasuki tahun ketiga, satu pertanyaan yang paling sering muncul dan ditanyakan: kapan pandemi berakhir?

Melansir situs NewSetupKontan.co.id, Pada tanggal 28 Februari 2022, WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa cakupan vaksin tinggi beberapa negara, dikombinasikan dengan tingkat varian Omicron yang semakin berkurang. Maka dapat diprediksi bahwa pandemi akan segera berakhir dan akan segera beralih ke Endemi.

”Tapi pandemi tidak akan berakhir jika ketika 70 ribu orang dalam seminggu meninggal karena penyakit yang dapat dicegah dan diobati”.

”Tidak akan berakhir jika 83% populasi Afrika masih belum menerima vaksin dosis tunggal, tidak ketika sistem kesehatan terus tegang dan retak di bawah beban kasus”.

”Tidak ketika kita masih memiliki virus yang sangat menular yang tidak dapat dikendalikan dengan pengawasan yang terlalu sedikit untuk melacak evolusinya”. kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam pidato di Konferensi Keamanan Munich.

Kapan Pandemi Berakhir?

Menurut Tedros Adhanom Ghebreyesus selaku Direktur Jenderal WHO, kondisi saat ini masih sangat berbahaya. Sebab masih sangat memungkinkan bagi virus untuk berevolusi dan memunculkan varian baru dari virus Corona yang lebih menular dan berbahaya.

”Tapi saya yakin bahwa kita dapat mengakhiri pandemi Covid-19 ini secara global tahun ini dengan alat dan pengetahuan yang telah kita miliki sekarang. Mengakhiri pandemi tetap harus menjadi fokus kita”. Ucap Tedros.

Tedros melihat bahwa terdapat 3 pilar utama dari arsitektur global yang perlu dilakukan meliputi pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons pandemi.

Kapan Pandemi Berakhir
Ilustrasi Pandemi | Freepik

”Pertama, dunia membutuhkan pemerintahan yang lebih kuat ketimbang kebingungan yang justru malah memicu pandemi. Lebih baik bekerja sama dan kolaborasi dalam menghadapi ancaman bersama, yang bisa mengatasi defisit kepercayaan”.

”Kedua, dunia membutuhkan sistem dan alat yang lebih kuat untuk mencegah, mendeteksi, serta merespons epidemi dan pandemi dengan cepat”.

”Dan ketiga, dunia membutuhkan pembiayaan yang lebih mumpuni, sebab secara nasional dan global, kita membutuhkan sumber daya yang substansial untuk memperkuat keamanan kesehatan global,” ujarnya.

Jika ketika pilar utama tersebut telah terpenuhi maka dapat diyakini bahwa pandemi Covid-19 ini akan segera berakhir dan beralih ke Endemi. Dan semua itu Tedros yakini dapat dicapai pada tahun 2022 ini.

Baca juga:


Demikian itulah tadi informasi terkait kapan pandemi berakhir berdasarkan jawaban dari WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia. Kalau ada pertanyaan atau hal lainnya yang ingin kamu sampaikan, bisa tuliskan aja ke kolom komentar yang tersedia.

Related Posts