5G Juga Belum Banyak Yang Coba, China Sudah Mau Punya 6G

in
Jaringan 6g by teknodaim

Teknologi jaringan yang paling dinantikan banyak orang adalah generasi kelima yaitu jaringan 5G. Namun tampaknya kita bakal diloncati sama China, pasalnya negara Tiongkok tersebut sudah bersiap untuk menghadirkan yang namanya jaringan 6G.

Bukan sekedar rumor belaka, hal tersebut diumumkan oleh Kementerian Teknologi dan Sains China sendiri. Pihak mereka kini sudah membentuk 2 tim untuk mengawasi riset dan studi buat menghadirkan 6G. Riset itu adalah resmi.

Kira-Kira, Seperti Apa ya 6G?

Tim yang dimaksud tadi resmi dibentuk untuk menandai upaya pemerintah setempat buat benar-benar mengakselerasi pengembangan teknologi jaringan generasi keenam tersebut. Selain itu, tim tersebut terdiri dari 37 ahli dari universitas.

Termasuk saran dan peran dari institusi sains dan korporasi. Jaringan 5G dan 6G sendiri merupakan jaringan wireless mobile yang bakal jauh lebih cepat dibandingkan dengan yang kita rasakan sekarang (4G). Seperti apa ya 6G nanti?

Jaringan 6g by teknodaim
Ilustrasi 6G | mwrf.com

Jaringan 5G sendiri diperkirakan akan punya kecepatan transmisi data 10 kali lebih cepat dibandingkan pendahulunya yang rilis 2009 lalu, yaitu jaringan 4G.

Si 5G buat di China memang sudah digelar secara penuh baru-baru ini. Namun masih ada keraguan di sejumlah konsumen terkait kecepatan dan harga yang diberlakukan. Padahal dengan download yang tembus 1 Gbps, kita bisa apa saja.

Banyak isu mengatakan kalau layanan 5G dengan kuota 30 GB harganya adalah 125 yuan per bulan atau setara Rp 250 ribu-an, disebut lebih mahal dari yang sebelumnya. Ponsel pun harus mendukung, bisa dibilang harus ponsel-ponsel model baru.

Menurutmu, apakah kira-kira teknologi 6G terlalu cepat untuk diumumkan? Atau ada tanggapan khusus dari kamu yang bisa kita bahas bareng? Tulis di kolom komentar.


Sumber: Detik Inet

Jangan lewatkan •
Mengenal Teknologi 5G, Generasi Baru yang Lebih Wuush dari 4G LTE

Tinggalkan Balasan