Teknodaim

    Kok 5G di Indonesia Sampai Sekarang Belum Juga Hadir? ini Alasannya

    Akhir-akhir ini banyak sekali para pengguna Media Sosial yang mengatakan kok 5G di Indonesia belum juga hadir sedangkan 6G di China sudah mulai dibangun. Hal tersebut memang ada benarnya, tapi perlu kamu tahu untuk bisa membangun jaringan 5G itu memerlukan persiapan yang matang agar tidak ada kerugian yang dialami. Melansir dari situs CNN Indonesia, ternyata […]

    5g Di Indonesia 1

    Ilustrasi 5G | Shutterstock

    Akhir-akhir ini banyak sekali para pengguna Media Sosial yang mengatakan kok 5G di Indonesia belum juga hadir sedangkan 6G di China sudah mulai dibangun. Hal tersebut memang ada benarnya, tapi perlu kamu tahu untuk bisa membangun jaringan 5G itu memerlukan persiapan yang matang agar tidak ada kerugian yang dialami.

    Melansir dari situs CNN Indonesia, ternyata beberapa operator Jaringan Telekomunikasi Indonesia yang menawarkan jaringan 5G hanyalah sebuah promosi semata. Karena saat ini masih ada banyak kendala yang perlu diselesaikan sebelum sebelum memasang jaringan 5G. Agar lebih paham lagi yuk kita simak bareng informasinya berikut ini.

    Kapan 5G di Indonesia Hadir?

    Untuk kamu para pengguna Smartphone yang mendukung konektivitas 5G, tapi jaringan tersebut ternyata belum ada di Indonesia. Teknodaim punya sedikit informasi terkait sebuah prediksi kehadiran 5G dari Wakil Presiden Direktur PT Hutchison 3 Indonesia bernama Danny Buldanysah.

    BACA JUGA:  ChatGPT Indonesia Akan Resmi Dirilis! Tetapi CEO ChatGPT Butuh Bantuan Indonesia
    Kok 5G di Indonesia Sampai Sekarang Belum Juga Hadir? ini Alasannya
    Ilustrasi Jaringan 5G | Shutterstock

    Menurut Danny sendiri setelah melihat keadaan ekonomi saat ini, jaringan 5G di Indonesia mungkin akan hadir secara menyeluruh sekitar tahun 2023-2024 mendatang. Sementara tahun 2021-2022 itu mereka akan memulai uji coba akan jaringan 5G ini.

    Bahkan Ketua Bidang Infrastruktur Broadband Nasional Masyarakat Telematika Indonesia mengatakan sebenarnya jika ingin memasang frekuensi jaringan 5G di Indonesia hal itu sudah sangat memungkinkan. Tapi ya bisa menyebabkan Negara rugi dan masyarakat juga ikut rugi karena peningkatannya yang tidak menyeluruh. Inilah mengapa saat ini kebanyakan operator telekomunikasi hanya melakukan promosi saja.

    3 Faktor yang Menghambat Kehadiran 5G

    Kok 5G di Indonesia Sampai Sekarang Belum Juga Hadir? ini Alasannya
    Ilustrasi 5G | iStock Photo

    Terdapat tiga faktor yang menyebabkan penyebaran Jaringan 5G di Indonesia menjadi terhambat, apa-apa saja? Berikut daftarnya.

    • 1. Frekuensi yang terbagi oleh banyak operator dan kesiapan koneksi fiber optic yang belum mencukupi untuk menunjang akses 5G.
    • 2. ketersediaan base transceiver station (BTS) yang mempunyai jarak dalam radius berdekatan. Yang mana untuk bisa menunjang 5G, Tower BTS tersebut setidaknya perlu berjarak 300 Meter.
    • 3. Fiber optic Indonesia yang sampat saat ini belum merata, sehingga belum bisa merasakan jaringan 5G dengan Maksimal.
    BACA JUGA:  Netflix Mulai Menerapkan Pajak untuk Pengguna 'Sharing Password' di AS, Indonesia Kapan?

    Sebenarnya masih ada banyak halangan yang dapat menjadi alasan kenapa Jaringan 5G di Indonesia sampai saat ini belum juga hadir. Tapi kami Teknodaim hanya menuliskan inti yang penting dan berdasarkan sumber yang akurat. Jangan lupa juga untuk tinggalkan pendapat atau opini kamu terkait informasi kali ini pada kolom komentar yang tersedia.

    5G6GIndonesiaJaringan 5GJaringan TelekomunikasiTelkom

    In This Article

    Related Posts