menu
Teknodaim.com
Teknodaim.comBeritaKominfo Resmi Sediakan Jaringan 5G di Indonesia Tahun 2021

Kominfo Resmi Sediakan Jaringan 5G di Indonesia Tahun 2021

5g Di Indonesia

Tepat pada tanggal 31 Desember 2020 kemarin Kominfo akhirnya resmi memberikan jawaban kepada para operator Indonesia terkait kehadiran jaringan 5G di Indonesia. Menteri dari Kominfo yakni Johnny G Plate menyatakan kalau mereka akan mulai mempersiapkan pergelaran 5G mulai tahun depan.

Melansir dari situs Kompas Tekno, karena proses pembangunan 5G pada tahun 2021 mendatang merupakan tahap awal. Maka ada kemungkinan besar kalau jaringan kencang tersebut hanya akan digelar pada beberapa wilayah yang terpilih saja.

Wilayah yang Akan Tersedia Jaringan 5G

Untuk saat ini kominfo hanya mengatakan kalau titik prioritas yang akan mereka gelar 5G sebagai tahap awal akan berada di tempat yang banyak pariwisata dan kawasan industri. Sedangkan untuk kota-kota Kominfo akan melihat secara ekosistem apakah mampu atau tidak untuk mengemban jaringan 5G di Indonesia ini.

Jaringan 5g Di Indonesia
Jaringan 5g Di Indonesia | Medium.com

Sebelumnya Kominfo juga sudah sempat membuka lelang 5G di Indonesia dengan frekuensi sekitar 2,3 GHz. Terdapat juga Operator Komunikasi Indonesia yang memenangkan lelang tersebut terdiri dari Telkomsel, Tri dan Smartfren. Sementara untuk Operator XL Axiata dan Indosat harus menunggu lagi pada pembukaan lelang selanjutnya.

JANGAN LEWATKAN •
XL Respon Pertanyaan Mengenai Kapan 5G Ada di Indonesia

Perkembangan konektivitas jaringan 5G tersebut sangatlah penting mengingat pemerintah telah berencana melakukan imigrasi siaran TV analog ke TV digital. Siaran yang ada dalam TV analog akan mulai dihentikan pada tanggal 2 November 2022 mendatang.

Perkiraan Proses dari Pembangunan 5G di Indonesia Menurut Kominfo

Sementara di sisi lain, sang Direktur Jenderal SDPPI Kominfo yakni Ismail berkata apabila Switch off bisa memberikan pengehematan daya sebesar 112 MHz pada frekuensi 700 MHz. Maka kita bisa menggunakannya untuk melayani masyarakat dengan jangkauan yang lebih luas lagi dari perkiraan.

5g Wireless Communication Technology Concept
Ilustrasi 5G di Smartphone | iStock Photo

Namun Johny mengatakan kalau selain menyiapkan infrastruktur berupa spektrum pemerintah juga perlu mempertimbangkan pilihan yang tepat untuk teknologi Jaringan 5G. Sebab proses pembangunan ini tidak hanya memakan waktu yang panjang saja melainkan juga memakan biaya yang besar.


Sampai sini saja informasi yang dapat Teknodaim berikan kepada kalian semua terkait pergelaran jaringan 5G di Indonesia yang akan dimulai tahun 2021 mendatang. Jika ada pertanyaan atau informasi lebih lanjut lainnya, bisa tulis langsung melalui kolom komentar yang tersedia.

Tambah Komentar