Teknodaim

    Kominfo Resmi Sediakan Jaringan 5G di Indonesia Tahun 2021

    Tepat pada tanggal 31 Desember 2020 kemarin Kominfo akhirnya resmi memberikan jawaban kepada para operator Indonesia terkait kehadiran jaringan 5G di Indonesia. Menteri dari Kominfo yakni Johnny G Plate menyatakan kalau mereka akan mulai mempersiapkan pergelaran 5G mulai tahun depan. Melansir dari situs Kompas Tekno, karena proses pembangunan 5G pada tahun 2021 mendatang merupakan tahap […]

    5g Di Indonesia

    ilustrasi Jaringan 5G | YouTube Channel :
    aTech

    Tepat pada tanggal 31 Desember 2020 kemarin Kominfo akhirnya resmi memberikan jawaban kepada para operator Indonesia terkait kehadiran jaringan 5G di Indonesia. Menteri dari Kominfo yakni Johnny G Plate menyatakan kalau mereka akan mulai mempersiapkan pergelaran 5G mulai tahun depan.

    Melansir dari situs Kompas Tekno, karena proses pembangunan 5G pada tahun 2021 mendatang merupakan tahap awal. Maka ada kemungkinan besar kalau jaringan kencang tersebut hanya akan digelar pada beberapa wilayah yang terpilih saja.

    Wilayah yang Akan Tersedia Jaringan 5G

    Untuk saat ini kominfo hanya mengatakan kalau titik prioritas yang akan mereka gelar 5G sebagai tahap awal akan berada di tempat yang banyak pariwisata dan kawasan industri. Sedangkan untuk kota-kota Kominfo akan melihat secara ekosistem apakah mampu atau tidak untuk mengemban jaringan 5G di Indonesia ini.

    Kominfo Resmi Sediakan Jaringan 5G di Indonesia Tahun 2021
    Jaringan 5g Di Indonesia | Medium.com

    Sebelumnya Kominfo juga sudah sempat membuka lelang 5G di Indonesia dengan frekuensi sekitar 2,3 GHz. Terdapat juga Operator Komunikasi Indonesia yang memenangkan lelang tersebut terdiri dari Telkomsel, Tri dan Smartfren. Sementara untuk Operator XL Axiata dan Indosat harus menunggu lagi pada pembukaan lelang selanjutnya.

    BACA JUGA:  Kumpulan Doodle Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia Sampai yang ke-74 Oleh Google

    Perkembangan konektivitas jaringan 5G tersebut sangatlah penting mengingat pemerintah telah berencana melakukan imigrasi siaran TV analog ke TV digital. Siaran yang ada dalam TV analog akan mulai dihentikan pada tanggal 2 November 2022 mendatang.

    Perkiraan Proses dari Pembangunan 5G di Indonesia Menurut Kominfo

    Sementara di sisi lain, sang Direktur Jenderal SDPPI Kominfo yakni Ismail berkata apabila Switch off bisa memberikan pengehematan daya sebesar 112 MHz pada frekuensi 700 MHz. Maka kita bisa menggunakannya untuk melayani masyarakat dengan jangkauan yang lebih luas lagi dari perkiraan.

    Kominfo Resmi Sediakan Jaringan 5G di Indonesia Tahun 2021
    Ilustrasi 5G di Smartphone | iStock Photo

    Namun Johny mengatakan kalau selain menyiapkan infrastruktur berupa spektrum pemerintah juga perlu mempertimbangkan pilihan yang tepat untuk teknologi Jaringan 5G. Sebab proses pembangunan ini tidak hanya memakan waktu yang panjang saja melainkan juga memakan biaya yang besar.


    Sampai sini saja informasi yang dapat Teknodaim berikan kepada kalian semua terkait pergelaran jaringan 5G di Indonesia yang akan dimulai tahun 2021 mendatang. Jika ada pertanyaan atau informasi lebih lanjut lainnya, bisa tulis langsung melalui kolom komentar yang tersedia.

    BACA JUGA:  Stock PS5 Habis, Sony Janji Akan Segera Memproduksinya Lagi
    5GIndonesiaInternetJaringan 5GKemkominfoKominfoMenkominfoSmartfrenTelkomselTri

    In This Article

    Related Posts