Teknodaim

    IndiHome dan First Media Jadi Internet Rumahan Favorit, Netizen: Karena Terpaksa

    Perusahaan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) telah mengeluarkan laporan survei internet untuk tahun 2019 sampai tahun 2020. Laporan tersebut berisikan siapa provider WiFi terbanyak yang digunakan oleh penduduk Indonesia. Hasil dari survei itu pun adalah IndiHome dan First Media, provider WiFi yang menjadi favorit para pengguna rumahan di Indonesia. Laporan ini sendiri diterangkan secara […]

    Netizen Tuduh Indihome Dan First Media Jadi Provider Favorit Rumahan Karena Sistem Monopoli

    Netizen Tuduh Indihome Dan First Media Jadi Provider Favorit Rumahan Karena Sistem Monopoli | PRC

    Perusahaan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) telah mengeluarkan laporan survei internet untuk tahun 2019 sampai tahun 2020. Laporan tersebut berisikan siapa provider WiFi terbanyak yang digunakan oleh penduduk Indonesia.

    Hasil dari survei itu pun adalah IndiHome dan First Media, provider WiFi yang menjadi favorit para pengguna rumahan di Indonesia. Laporan ini sendiri diterangkan secara resmi oleh APJII yang diterima pada tanggal 10 November.

    Saat ini pelanggan yang berlangganan internet rumahan masih terbilang sangat rendah, yaitu sebesar 14,5 persen. Dari jumlah tersebut, 7 persen diantaranya menggunakan internet via kabel LAN. Sedangkan untuk sisanya, yaitu 7,5 persen pengguna berlangganan melalui jaringan wireless.

    Kebanyakan pelanggan yang menggunakan WiFi dari Indihome dan First Media sendiri memilih kecepatan internet 10 Mbps sampai 20 Mbps. Kecepatan internet ini mereka gunakan untuk kegiatan sehari-hari. Tagihan untuk internetnya sendiri berkisar 300 sampai 400 ribu perbulannya.

    BACA JUGA:  Kabar Baik, ROG Phone 3 dan Ponsel Samsung Ini Lolos TKDN!
    IndiHome dan First Media Jadi Internet Rumahan Favorit, Netizen: Karena Terpaksa
    Ilustrasi Harga Berlangganan Wifi Indihome | Shopee

    Pengguna WiFi Meningkat Semenjak Pandemi

    Beberapa bulan ini memang lumayan banyak orang yang meminta untuk memasang WiFi dirumahnya. Hal tersebut dikarenakan saat ini sedang pandemi COVID-19. Hingga semua orang harus bekerja di dalam rumah. Karena hal tersebut lah pengguna WiFi lumayan meningkat daripada tahun lalu.

    Anehnya, jika dilihat dari informasi yang didapatkan, rata-rata pengguna provider WiFi tersebut menggunakan internet untuk bermain game, media sosial, game online dan lain-lain. Hanya sedikit sekali pengguna yang menggunakannya untuk melakukan belajar online.

    Walaupun WiFi dari Indihome dan First Media menjadi mayoritas para pengguna rumahan, ternyata masih sangat banyak pengguna yang mengakses internet menggunakan paket data loh. Memang ini tidaklah mengejutkan, mengingat rakyat Indonesia lebih menyukai menggunakan kartu paket ketimbang menyewa provider WiFi.

    Sebagai ketua umum APJII, Jamalul Izza mengatakan saat ini sekitar 97 persen orang-orang masih mengakses internet menggunakan data seluler. Karena banyaknya orang yang masih menggunakan jaringan seluler, ini merupakan masalah yang besar bagi kita semua. Oleh karena itulah, kami selaku tim APJII siap untuk bekerjasama dengan vendor-vendor WiFi di seluruh Indonesia.

    IndiHome dan First Media Jadi Internet Rumahan Favorit, Netizen: Karena Terpaksa
    Ketua Umum APJII, Jamalul Izza | Cyberthreat.ID

    Netizen : Karena Sistem Monopoli

    Netizen sendiri berkata provider WiFi IndiHome dan First Media menjadi favorit rumahan dikarenakan adanya sistem monopoli. Karena hal tersebut lah netizen terpaksa menggunakan kedua provider ini.

    BACA JUGA:  Fanboy Samsung Siap-Siap, Galaxy A51 Segera Rilis di Indonesia!

    Rata-rata netizen sendiri berkata ingin menggunakan provider Biznet. Namun terhalang karena provider tersebut tak kunjung datang di daerah mereka, padahal sudah menunggu lama. Oleh karena inilah banyak yang mengatakan adanya sistem monopoli disini.


    Sumber : Detik Inet

    Related Posts