menu
Teknodaim.com
Teknodaim.comBeritaIndia Desak WhatsApp Agar Cabut Kebijakan Privasi Terbarunya

India Desak WhatsApp Agar Cabut Kebijakan Privasi Terbarunya

Kebijakan Baru Whatsapp

Beberapa waktu lalu WhatsApp memang telah resmi memasang kebijakan privasi baru ke dalam aplikasinya. Kebijakan tersebut menyatakan bahwa pengguna harus memberikan izin kepada WhatsApp untuk dapat mengelola data pribadinya secara bebas. Sehingga membuat WhatsApp kini mendapatkan banyak kritik pedas dari berbagai pihak.

Melansir dari situs Detik Inet, Kebijakan yang semula hanya ditentang oleh berbagai pihak kini juga ditentang oleh negara India. Pemerintah India telah mengirimkan surat langsung kepada CEO WhatsApp. Yang berisi penolakan terhadap kebijakan baru WhatsApp yang dinilai sepihak dan tidak adil.

Teguran dari India Terhadap Kebijakan Privasi Baru WhatsApp

Hal ini terjadi sehari setelah perwakilan hukum WhatsApp muncul di Pengadilan Tinggi Delhi. Dalam pembelaannya, WhatsApp mengklaim bahwa perubahan privasi ini dapat memungkinkan pengguna lebih terintegrasi dengan layanan keluarga seperti Facebook.

Kebijakan Baru Whatsapp 1
Ilustrasi Aplikasi WhatsApp | AFP.com

Namun nyatanya, banyak pengguna yang mengeluh ketika mengetahui jika salah satu poin kebijakan baru WhatsApp adalah pengumpulan data massal ke Facebook. Sebagai informasi tambahan, platform Facebook sendiri memiliki catatan kelam dalam menjaga data pribadi penggunanya.

JANGAN LEWATKAN •
Begini Cara Memindahkan Chat WA Ke Telegram Dengan Mudah

Dengan demikian, banyak dari pengguna WhatsApp yang mulai berpaling ke aplikasi pesan instan lainnya seperti Telegram dan Signal. Tidak hanya itu, kedua aplikasi tersebut juga menyatakan bahwa WhatsApp tidak aman digunakan saat ini. Sehingga menyebabkan jumlah unduhan dan pengguna aplikasi WhatsApp turun drastis.

Kebijakan Baru Whatsapp 2
Ilustrasi Telegram, Signal dan WhatsApp | Nikkei Asia

Teguran pemerintah India terhadap Kebijakan Baru WhatsApp memang terbilang cukup mendesak. Tetapi Anda juga perlu ingat bahwa mereka melakukannya demi keamanan bersama. WhatsApp yang awalnya merupakan aplikasi pesan instan terpopuler di dunia, kini justru harus menghadapi masalah privasi.

Tanggapan WhatsApp Terkait Teguran Tersebut

Kebijakan Baru Whatsapp 3
Ilustrasi WhatsApp | Pexels.com

Untuk saat ini belum ada tanggapan langsung dari WhatsApp atas surat yang diberikan oleh negara India tersebut. Namun mengingat bisnis utama Facebook kebanyakan bermitra di WhatsApp Business. Jadi jelas WhatsApp harus mengambil keputusan yang tepat demi kelangsungan layanannya.


Sekian informasi dari Teknodaim kali ini tentang peringatan keras India terhadap Kebijakan Privasi Baru WhatsApp. Jika ada pertanyaan atau informasi tambahan lainnya, bisa langsung tulis ke kolom komentar yang tersedia.

Tambah Komentar