menu
Teknodaim.com
Teknodaim.comBeritaIndia Bikin Aplikasi yang Mirip Seperti WhatsApp

India Bikin Aplikasi yang Mirip Seperti WhatsApp

Aplikasi Mirip Whatsapp

Sebagai salah satu pasar terbesar yang sudah dikenal oleh dunia, India tentunya tidak ingin terus menjadi konsumen begitu saja. Mereka kini mulai membuat Aplikasi pesan instan yang mirip seperti WhatsApp dan Telegram agar mendapatkan tanggapan dari para pengguna Smartphone pada negaranya.

Dan hasilnya, Angkatan Darat India kini meluncurkan aplikasi pengiriman pesan yang mereka klaim aman dan berfungsi sama seperti WhatsApp ataupun aplikasi chat instan lainnya. Aplikasi tersebut bernama Secure Application For The Internet (SAI) yang bisa pengguna pakai pada perangkat smartphone berbasis Android. Yang berarti belum tersedia untuk pengguna iOS di India.

Aplikasi SAI (Secure Application For The Internet)

Secara model, aplikasi SAI ini cukup mirip dengan aplikasi perpesanan yang tersedia secara komersil seperti WhatsApp, Telegram, dan GIMS. Selain itu, sistem keamanannya pun sama yaitu menggunakan protokol sistem pesan dengan metode secara end-to-end. Kementerian Pertahanan India juga menyebutkan bahwa aplikasi SAI mempunyai fitur keamanan yang aman dengan server serta sistem pengkodean internal lokal. Yang dapat pengguna ubah sesuai keinginan dan kebutuhan masing-masing

JANGAN LEWATKAN •
118 Aplikasi China Ini di Banned Oleh India, Termasuk PUBGM!

Namun, aplikasi SAI ini sendiri nampaknya memang tidak mereka peruntukan untuk kepentingan masyarakat umum. Melainkan lebih kepada kepentingan militer India sebagai sarana pengiriman pesan yang aman dan komunikasi yang terjamin.

Aplikasi Mirip Whatsapp 1
Ilustrasi Aplikasi Chatting | Tirto.ID

Memang sebelumnya pernah ada sejumlah aplikasi buatan India yang sempat populer pada saat gencaran aplikasi asing. Salah satunya yaitu Chingari, aplikasi yang menyediakan layanan berupa video pendek berbasis Bengaluru dan sudah mendapatkan unduhan 10 juta kali. Ada juga aplikasi buatan negara India lainnya yang mendapatkan jumlah unduhan global mencapai 5 Juta yaitu StepSetGo.

Alasan India Membuat Aplikasi SAI yang Mirip WhatsApp Tersebut

Narendra Modi selaku Perdana Menteri India menyatakan bahwa mereka menantang para engineer. Lalu menggerakkan para komunitas startup yang ada pada negaranya untuk membuat aplikasi kelas dunia baik secara lokal maupun global dengan merk Made in India.

JANGAN LEWATKAN •
Pengguna WhatsApp di Kashmir Harus Melakukan Ini Untuk Bisa Membuat Grup

Tampaknya negara India memang tidak ingin kalah saing dengan negara lain seperti AS yang kini sudah sangat maju dalam dunia digital. Mesikpun demikian, para pengguna Android di negara India masih tetap bisa mengakses WhatsApp seperti normal hingga saat ini.


Itu saja informasi dari yang sudah Teknodaim rangkum secara ringkas menurut sumber yang tertera. Kalau kamu punya pertanyaan atau informasi tambahan, bisa langsung aja tulis ke kolom komentar yang tersedia.


Sumber: Detik Inet

Tambah Komentar