menu
Teknodaim.com
Teknodaim.com Berita Terpuruk dalam Produksi Smartphone, Huawei Beralih Bikin Mobil Pintar?

Terpuruk dalam Produksi Smartphone, Huawei Beralih Bikin Mobil Pintar?

Huawei Bikin Mobil Pintar By Teknodaim

Produsen ponsel pintar atau smartphone sudah ada banyak sekali, smartwatch juga, dan bahkan untuk ranah smart tv. Namun untuk sebuah kendaraan yang mempunyai teknologi canggih, pasarnya masih terbuka luas sehingga membuat Huawei bisa terjun bikin mobil pintar.

Jika kita lihat berdasarkan apa yang terjadi, Huawei sudah mulai lepas atau kehilangan akses ke teknologi-teknologi produksi smartphone global. Bahkan belum lama ini, mereka harus merasakan pahitnya terputus hubungan bisnis dengan pihak pemasok Chipset ponsel mereka, yaitu TSMC.

Hal itu membuat Huawei mengalami keterpurukan dalam industri ponsel dan tentunya membuat mereka kesulitan. Jika sebelumnya mereka berperan sebagai pihak ketiga untuk industri otomotif khususnya kendaraan, sekarang hal itu mulai berubah.

Antara Eksperimen atau Cabang Industri Baru Huawei

Huawei baru-baru ini menjajal sektor lain untuk industri produksinya, yaitu mobil pintar. Produsen paten China satu ini sepertinya memiliki visi ingin seperti Tesla yang sukses pada industri otomotif.

JANGAN LEWATKAN •
China Tuduh Android Melakukan Pelanggaran, Balas Dendam Huawei?

Walau sekarang Huawei populer sebagai perusahaan infrastruktur telekomunikasi dan produsen ponsel smartphone, mereka juga memiliki berbagai kepentingan bisnis lain selain itu. Tahun 2013 lalu, Huawei meluncurkan departemen baru untuk mengembangkan produk mobil otonom.

Tampaknya Huawei yang bikin mobil pintar ini bisa menjadi satu transisi yang baik bila mereka ingin memudarkan fokus terhadap produksi perangkat smartphone. Meski demikian juga, Huawei masih bisa lanjut sebagai peneliti dan vendor komponen 5G terkemuka.

Huawei Bikin Mobil Pintar By Teknodaim
Ilustrasi 5G dari Huawei | Artibees

Dan sebagai informasi, Huawei sejauh ini sudah terjun untuk beberapa layanan cloud, kokpit canggih, dan platform self-driving untuk mobil pintar. Untuk konsep dan juga bocoran seputar kemampuan produk mobil pintarnya, belum ada petunjuk atau informasi gamblang.

Mengenai Planning Huawei yang Bikin Mobil Pintar

Prediksi mengatakan bahwa divisi otomotif Huawei bisa menjadi sumber penghasilan yang dapat mereka andalkan. Huawei sendiri sekarang punya koneksi yang cukup luas dengan 18 pembuat mobil China, sehingga mereka memiliki kesempatan untuk mendominasi pasarnya mobil pintar.

JANGAN LEWATKAN •
Google Umumkan Larangan Ini Untuk Pengguna Ponsel Huawei

Layanan HiCar milik Huawei juga memiliki kemampuan menjadi platform hiburan dalam mobil yang mirip dengan CarPlay dari Apple. HiCar bahkan sudah terinstal di lebih dari 200 model mobil, ini akan menjadi berkali lipat bila mereka mampu mendominasi.

Intinya, Huawei sekarang bertekad untuk bergerak sebagai vendor utama, bukan sebagai vendor komponen otomotif pihak ketiga saja. Padahal sebenarnya, Ren Zhengfei selaku pendiri Huawei tahun lalu mengatakan secara terbuka bahwa mereka tidak akan pernah menjadi produsen mobil pintar.

Keseriusan Huawei untuk bikin mobil pintar Huawei lebih tampak saat mereka memperdalam hubungannya dengan BAIC BluePark New Energy Technology Co. Ltd, segmen kendaraan listrik (EV) dari perusahaan otomotif terkemuka China, BAIC Group.

Huawei Bikin Mobil Pintar By Teknodaim
Wujud Mobil tanpa Pengemudi yang Dapat Pengguna Kontrol Menggunakan Smartphone Huawei Mate 10 Pro | Nikkei Asia

Keduanya kemudian berkolaborasi dalam proyek mobil pintar baru dengan nama sandi N61. EV dilengkapi dengan chipset dan program self-driving, tiga sistem lidar, 12 perangkat radar ultrasonik, 13 kamera, dan sensor gelombang enam milimeter dengan telekomunikasi.

JANGAN LEWATKAN •
Dapatkan Lisensi Kerjasama dengan Huawei, Microsoft Akan Lakukan Apa?

Bahkan Caixin, grup media setempat mengatakan kalau mobil pintar milik Huawei lebih canggih ketimbang sedan Model 3 Tesla. Publikasi itu juga memberi catatan bahwa mobil pintar N61 segera melakukan uji coba tahun ini sebelum resmi mengaspal di Q4 2021.

Apakah Huawei akan benar-benar mampu menyaingi Tesla dengan teknologi serta kolaborasi mereka bersama koneksinya? Kita lihat saja sampai tiba produk resminya nanti. Kalau kamu ada tanggapan atau prediksi seputar rencana Huawei satu ini, tuliskan saja pada kolom komentar.


Sumber: Detik Inet

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks