menu
Teknodaim.com
Teknodaim.comBeritaGoogle Ungkapkan Windows Punya Celah Keamanan, Lah?

Google Ungkapkan Windows Punya Celah Keamanan, Lah?

Celah Keamanan Di Windows By Teknodaim

Project Zero merupakan peneliti ataupun tim keamanan dari Google. Mereka yang melakukan penelitian melaporkan bahwa terdapat Bug pada Windows, yang mana itu sekaligus menjadi celah yang membahayakan keamanan pengguna untuk Hacker retas.

Celah dengan potensi bahaya yang peneliti maksud terdapat pada bagian Windows Kernel Cryptography Driver. Peramban tersebut sendiri terdapat pada Windows 7 hingga Windows 10, dan ini berpotensi menjadi jembatan untuk Hacker mampu mengambil alih kendali PC pengguna hingga ke tingkat akses Admin.

Microsoft Melakukan Perbaikan?

Project Zero selaku tim resmi dari Google tentu sudah menyampaikan penemuan mereka terkait celah Windows ke perusahaan induk yakni Microsoft. Sekarang raksasa besutan Bill Gates itu punya waktu tujuh hari untuk menuntaskan penambalan celah sehingga nanti Google dapat mempublikasikannya bahwa sudah aman.

Walau tim peneliti mengatakan bahwa ini memiliki potensi mengerikan dan berbahaya untuk pengguna, Microsoft mengatakan hal itu tak sepenuhnya benar. Perusahaan raksasa itu mengklaim bahwa ancaman pada celah itu sangat terbatas, tidak ada bukti kalau celah ini sudah pernah dipakai secara luas.

Celah Keamanan Di Windows By Teknodaim
Ilustrasi Celah Keamanan Di Windows 7 | Wallpapercave.com

Microsoft bahkan terlihat tidak terlalu panik dengan temuan celah pada produk sekaligus satu layanan besar mereka itu. Raksasa OS satu ini mengatakan bahwa pemanfaatan celah temuan tadi membutuhkan kombinasi celah lain yang bernama CVE-2020-15999.

JANGAN LEWATKAN •
Mengenal Cheat, dan Bagaimana Cara Orang Membuatnya?

Sementara, celah berbasis browser dengan nama panjang itu sekarang ini sudah mereka tambal. Dengan demikian Microsoft mengklaim bahwa pengguna sudah sangat aman jika sekarang menggunakan browser yang sudah paling baru (update).

Respon Microsoft Untuk Celah Keamanan di Windows

Sayangnya, belum ada komentar spesifik dari Microsoft perihal apakah mereka akan segera menambal celah temuan Google atau kapan waktunya. Sebagai sebuah perusahaan raksasa tentu mereka akan mengambil tindakan yang tepat untuk menanganinya cepat atau lambat.

Kemungkinan perbaikannya akan masuk ke dalam Patch Tuesday yang akan rilis tanggal 10 November mendatang. Sekarang kita nantikan saja update informasi soal celah keamanan di Windows satu ini.


Sumber: Detik Inet

Tambah Komentar