Berita

Tutup 2 Game Terakhir yang Mereka Punya, Gemscool Siap Tutup!

Setelah menyerahkan pengelolaan game populer Point Blank ke Garena dan melepas layanan Lost Saga alias menutupnya, Publisher game Indonesia yang jaya pada masanya kini kembali melakukan penutupan untuk produk mereka lainnya. Publisher yang kita bicarakan adalah Gemscool, yang belum lama ini menutup server 2 game besarnya. Apakah ini pertanda Gemscool akan tutup?

Publisher yang sempat jaya sejak tahun 2009 ini resmi menutup server kedua game online mereka lainnya yaitu Kritika Reboot dan Atlantica Online. Pengumuman mengenal hal tersebut Gamescool sampaikan lewat situs resmi mereka sendiri, sama seperti pengumuman game-game terdahulunya.

Gemscool Angkat Kaki dari Bisnis Game?

Lebih menyedihkan ketimbang saat mereka mengakhiri usia Lost Saga dan game-game lain, penutupan Kritika Online pada tanggal 24 September 2020 dan Atlantica Online menyusul 5 hari setelahnya adalah tanpa alasan.

Gemscool tidak menjelaskan apa alasan mengapa mereka menutup layanan game online legendaris Atlantica Online. Sementara penutupan Kritika Reboot mereka jelaskan dengan alasan sudah tidak memiliki pemain yang memadai.

Gemscool Tutup By Teknodaim
Game Terakhir Gemscool
Gemscool Tutup By Teknodaim
Gemscool Tutup By Teknodaim

Untuk game Kritika itu tidak akan berakhir sampai sini. Sama seperti Lost Saga, game itu kini tersedia di Publisher lain seperti Lost Saga. Kritika Reboot Online sekarang ada pada Publisher milik Gabe Newell yaitu Steam.

Pemain dapat melakukan transfer ID ke platform Steam dengan mengisi beberapa data seperti ID Gemscool, Nama Karakter, dan juga tentunya Steam Account. Pertanyaan yang mungkin terlintas dalam benak kita adalah, apakah Gemscool akan mengakhiri binis mereka?


Publisher Indonesia, Gemscool Tutup

Setelah menutup DragonNest dan game-game yang populer pada masa jayanya, tahun ini juga menjadi waktu game-game yang mereka tampung lainnya untuk menyusul. Setelah Kritika Reboot Online dan Atlantica Online ditutup, Gemscool sekarang tidak mengoperasikan game apapun di Indonesia.

Dengan keadaan yang sekarang, apakah Gemscool akan mengambil game baru lagi untuk mereka operasikan atau, akankah mereka menutup karir bisnis game?

Tim redaksi GAMEFINITY.ID yang menjadi sumber artikel ini menghubungi salah satu kenalan yang bekerja di publisher Gemscool. Pria yang tidak disebutkan namanya itu mengatakan bahwa benar Gemscool memang akan mengakhiri bisnisnya di Indonesia.

Gemscool akan mengumumkan perihal keputusan mereka itu pada akhir bulan tahun ini dalam pernyataan resmi. Sungguh kenyataan yang pahit, namun inilah yang harus mereka hadapi dalam dunia persaingan dengan hadirnya game-game pendatang baru yang sukses merajai pasaran.

Memang sangat wajar mereka tidak kuat untuk bersaing lagi, pasalnya sekarang saja sudah lebih dominan pemain game mobile ketimbang desktop. Sementara untuk pasarnya game PC sudah banyak pesaing-pesaing baru, termasuk Valorant, PUBG dan lain-lain.

Apakah kamu memiliki pesan-pesan terakhir sebelum waktu Gemscool tutup tiba? Bila ada silahkan tulis pada kolom komentar. Penulis Teknodaim sendiri sangat berterima kasih kepada Gemscool yang pernah menemani masa-masa SMP dengan game-game keren mereka.


Sumber: Gamefinity ID

What's your reaction?

Related Posts