menu
Teknodaim.com
Teknodaim.com Berita Kominfo Klaim Konektivitas Jaringan 5G Sudah Bisa dipakai Pada Frekuensi 2,3 Ghz

Kominfo Klaim Konektivitas Jaringan 5G Sudah Bisa dipakai Pada Frekuensi 2,3 Ghz

Konektivitas Jaringan 5g

Kementerian Komunikasi dan Informatika atau sering kita sebut dengan Kominfo beberapa waktu lalu sempat membuka lelang Konektivitas Jaringan 5G untuk Indonesia. Tidak lama setelah itu, mereka juga mengumumkan kalau penggunaan gadget pada frekuensi 2,3 Ghz dengan rentang 2.360 – 2.390 Mhz ternyata sudah cukup untuk mengemban 5G tersebut.

Meskipun awalnya pemerintah memang sudah terlebih dulu mempersiapkan frekuensi middle band dengan kecepatan 2,6 Ghz – 3,5 Ghz yang ideal untuk menggelar 5G. Melansir dari situs Kompas Tekno, menurut salah satu pengamat telekomunikasi yang cukup terkenal bernama Ian Yoseph. kecepatan pada frekuensi 2,3 Ghz sejatinya masih cukup layak untuk mengemban konektivitas jaringan 5G tersebut.

Performa yang bisa dihasilkan dari Frekuensi 2,3 Ghz untuk Konektivitas Jaringan 5G

Sekjen Pusat Kajian Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Muhammad Ridwan Effendi juga mengatakan kalau penggunaan frekuensi 2,3 Ghz untuk 5G bisa pengguna pakai jika operator sepakat untuk melakukan spectrum sharing.

Beliau juga mengungkapkan kalau penggunaan dari frekuensi 2,6 Ghz – 3,5 Ghz untuk saat ini sudah dipakai untuk koneksi satelit yang digunakan untuk televisi digital dan perbankan, seperti Indovision dan BRI.

JANGAN LEWATKAN •
Resmi Meluncur, Berikut Spesifikasi Ponsel LG K92 5G
Konektivitas Jaringan 5g 1
Ilustrasi Smartphone dengan Jaringan 5G | Shutterstock

Frekuensi 2,3 Ghz saat ini sudah cukup banyak dihuni oleh Telkomsel dengan lebar pita 30 Mhz, Smartfren dengan lebar pita 30 Mhz, dan PT Berca Hardaya perkasa yang tersebar pada tempat tujuh zona. Kemudian sisa dari yang lainnya saat ini sudah pemerintah lelang

Bahkan pemerintah ternyata juga telah menyiapkan peta jalan tentang lokasi Indonesia yang nantinya akan mereka pasang konektivitas jaringan berbasis 5G. Meskipun belum bisa kita pastikan kapan 5G akan masuk Indonesia, namun setidaknya kita sudah bisa melihat tanda-tandanya secara komersil.

Nasib Jaringan 2G,3G, dan 4G

Konektivitas Jaringan 5g 2
Ilustrasi 2G, 3G, 4G dan 5G | Telkomsel.com

Kalau jaringan 5G nanti sudah tersedia apa yang nantinya bakal terjadi pada jaringan berbasis 2G,3G dan 4G? Jawabannya ialah jaringan 4G tetap akan ada sembari menunggu 5G masuk secara keseluruhan Indonesia.

Sementara jaringan 2G juga tetap akan tinggal karena berbasis circuit switching masih bisa pengguna pakai untuk melakukan panggilan masuk dan SMS. Sementara itu, Jaringan 3G terdapat kemungkinan akan pemerintah tutup karena jaringannya yang paling lamban dan kebanyakan orang lebih memilih 4G ketimbang 3G.


Itu saja informasi dari Teknodaim yang kami rangkum terkait Frekuensi 2,3 Ghz yang kominfo klaim sudah cukup untuk Mengemban Konektivitas Jaringan 5G. Jangan lupa untuk tinggalin opini dan pendapat kamu pada kolom komentar terkait artikel kali ini.

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks