Mengenal Fitur Video Bulat di WhatsApp, Ternyata Ini Fungsinya!

Muhammad Hanif

Muhammad Hanif

Apa itu fitur video bulat di WhatsApp? Saat ini banyak yang bertanya-tanya tentang fitur tersebut. Nah Teknodaim ingin menjelaskan..

Cara Membuat Video Bulat Di Whatsapp

Cara Membuat Video Bulat Di Whatsapp

Belakangan ini, aplikasi WhatsApp (WA) telah menambahkan banyak fitur baru. Salah satu efek dari penambahan fitur-fitur tersebut adalah pengguna akan sering menemukan video dengan bingkai bulat atau video bulat di WA. Lalu apa itu fitur video bulat di WhatsApp? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Untuk diketahui, biasanya video yang dikirim melalui obrolan WhatsApp memiliki format persegi. Namun, selain video persegi, pengguna sekarang juga dapat menemukan video berformat bulat di WhatsApp.

Baca Juga:

Anda dapat melihat perbedaan antara video dengan bingkai persegi yang sudah ada sejak lama dan video dengan bingkai bulat yang baru tersedia pada gambar di bawah ini.

Mengenal Fitur Video Bulat di WhatsApp, Ternyata Ini Fungsinya!
Video Bulat Di Wa | kompas.com

Dalam gambar tersebut, mungkin pengguna sudah tidak asing lagi dengan video berbentuk persegi yang dikirim melalui ruang obrolan WhatsApp. Video persegi tersebut menunjukkan bahwa itu adalah file media video yang dikirim oleh pengguna melalui ruang obrolan WhatsApp.

Jadi, ketika kita mengirimkan file video dari galeri perangkat ke dalam ruang obrolan, video tersebut akan memiliki tampilan bingkai persegi. Namun, bagaimana dengan jenis video bulat di WhatsApp? Untuk lebih memahaminya, mari kita simak penjelasan di bawah ini mengenai video bulat di WhatsApp.

BACA JUGA:  Kelebihan YoWhatsApp dan Resiko yang Harus Kamu Ketahui!

Apa Itu Fitur Video Bulat di WhatsApp?

Mengenal Fitur Video Bulat di WhatsApp, Ternyata Ini Fungsinya!
Fitur Video Bulat Di Whatsapp

Harap diperhatikan, video bulat di WhatsApp seperti yang ditunjukkan dalam gambar di atas sebenarnya adalah bagian dari fitur baru dalam aplikasi WhatsApp, yaitu fitur pesan video instan atau pesan video seketika.

Fitur pesan video instan di WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan dalam bentuk video. Sebelum fitur ini ada, pesan atau chat di WhatsApp hanya terdiri dari teks dan suara (Voice Note/VN).

Saat ini, kamu juga dapat membuat pesan dalam bentuk video. Fitur pesan video di WhatsApp memiliki cara penggunaan yang sama seperti pesan suara. Namun, fitur pesan video di WhatsApp tidak berarti mengirimkan file video dari galeri ponsel ke dalam obrolan.

Namun, seperti halnya pada aplikasi VN, pengguna dapat merekam video langsung melalui fitur pesan video WA dan mengirimkannya dalam obrolan sebagai pesan, bukan sebagai file media. Karena dikirim sebagai pesan, rekaman video dari fitur pesan video WA tidak dapat diunduh.

BACA JUGA:  India Desak WhatsApp Agar Cabut Kebijakan Privasi Terbarunya

Video yang dikirim melalui ruang obrolan WhatsApp akan memiliki tampilan yang berbeda dengan video yang dikirim sebagai file media. Pesan video yang dikirim akan ditampilkan dalam bingkai bulat seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Maka, video bulat di WhatsApp menjadi petunjuk bahwa video yang dikirim adalah pesan video, bukan file video. Fungsi pesan video instan ini memungkinkan pengguna untuk membuat percakapan dalam bentuk video dengan durasi maksimal 60 detik atau 1 menit.

Bagaimana caranya membuat video berbentuk bulat di WhatsApp? Untuk mengirim video bulat di WhatsApp, langkahnya sangatlah sederhana. Jika Anda ingin mencobanya, berikut adalah penjelasan tentang cara mengirim pesan video di WhatsApp.

Cara Membuat Video Bulat di WhatsApp

Membuat video bulat di WA bisa dilakukan dengan mudah. Namun, perlu dicatat bahwa pesan video di WA tidak dibuat melalui ikon kamera di kolom chat. Fitur pesan video WA sebenarnya terletak di ikon mikrofon yang biasanya digunakan untuk membuat VN.

Saat ini, ikon mikrofon dalam membuat VN di WA dapat berubah menjadi ikon video ketika diklik. Jadi, jika pengguna ingin membuat video bulat di WA, mereka harus menekan ikon mikrofon terlebih dahulu. Untuk informasi lebih lanjut, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka ruang obrolan pribadi atau grup.
  • Ketuk ikon mikrofon pada kolom pengetikan chat.
  • Ikon mikrofon akan berubah menjadi ikon video.
  • Klik dan tahan ikon video untuk mulai merekam video.
  • Pengguna dapat mengunci tombol tersebut dengan mengusapnya ke atas.
  • Pengguna dapat merekam video dengan kamera depan atau belakang.
  • Saat merekam, terdapat bingkai lingkaran dengan garis hijau sebagai penanda durasi video.
  • Setelah selesai merekam, pengguna dapat menekan tombol pause dan melihat hasil rekaman video.
  • Pengguna dapat menghapus video jika dirasa tidak sesuai.
  • Jika video sudah sesuai, pengguna dapat mengirimkannya ke ruang obrolan.
  • Pesan video yang terkirim akan memiliki bingkai bulat.
BACA JUGA:  Login WhatsApp Web Kini Harus Menggunakan Sensor Sidik Jari?

Itulah penjelasan tentang bagaimana mengirim pesan video di WhatsApp atau video bulat di WA. Pesan video di WA akan otomatis diputar seperti GIF (tanpa suara) saat pengguna membuka chat yang berisi pesan video tersebut.

Agar dapat memutar video yang dikirim melalui pesan video di WhatsApp dan mendengarkan isinya, pengguna hanya perlu mengklik pesan video tersebut di dalam obrolan. Selain itu, pengguna juga dapat menghentikan video dan melanjutkannya kembali dengan mudah.

Aplikasi ChattingSosial MediaWhatsApp

Related Posts