Berita

Apple Bayar Rp 6,9 Trilliun untuk Fitur iPhone 14 Ini Loh!

Siapa sangka, Apple ternyata membayar Rp 6,9 Trilliun untuk fitur iPhone 14 yang bakal jarang banget digunakan, yaitu Emergency SOS! Seperti yang diklaim oleh Apple, fitur tersebut berguna untuk meminta bantuan lewat koneksi satelit.

Jadi, pengguna dari HP tersebut tidak perlu khawatir bila terjebak atau dalam keadaan darurat di antah-berantah yang tidak ada jaringan telepon. Karena mereka langsung bisa menggunakan fitur Emergency SOS yang akan mengirim sinyal lewat satelit ke pihak berwajib untuk membantu pengguna tersebut.

Fitur Iphone 14, Emergency Sos
Fitur iPhone 14, Emergency SOS | Apple

Lebih detailnya, cara kerja Emergency SOS ini cukup rumit, ketika ada pengguna yang memakai fitur tersebut, iPhone akan menghubungi satu dari 24 satelit Low Earth Orbit (LEO). Setelah itu, akan terdapat berbagai proses lagi nantinya, seperti sambung-menyambung ke terminal yang tersebar di berbagai negara agar pihak berwajib dapat terhubung denganmu.

Fitur iPhone 14 Dibiayai oleh Advanced Manufacturing Fund

Kabarnya, fitur iPhone 14 terbaru ini dibiayai oleh Advanced Manufacturing Fund milik Apple. Sejak pertama kali dirilis, AMF sudah banyak membantu dalam bidang perakitan, terutama di Amerika Serikat.

Padahal dana Advanced Manufacturing Fund pada saat itu hanya 1 milliar dollar saja, sedangkan biaya fitur Emergency SOS sendiri sekitar 450 juta dollar. Terlebih lagi terdapat juga perusahaan lain dari Apple yang kebagian dana tersebut. Jadi, masih cukup mengherankan bagaimana mereka bisa bekerja dengan dana sepepet itu.

Namun, kita masih belum mengetahui apakah Advanced Manufacturing Fund hanya menerima dana dari Apple saja atau tidak. Kemungkinan besar sebagai perusahaan yang akrab dengan pemerintah Amerika, tentu saja AMF memiliki sumber dana lainnya.

Selain itu, Apple mengatakan bahwa uang Rp 6,9 trilliun tersebut bukan hanya untuk mengaktifkan fitur iPhone 14, melainkan untuk meningkatkan jaringan satelit dan terminal juga. Dengan begitu, semua pengguna iPhone 14 di seluruh dunia dapat menikmati fitur Emergency SOS ini.

Fitur iPhone 14, Emergency SOS
Emergency SOS | Heart Radio

Oh iya, kabarnya terminal untuk fitur ini dilengkapi dengan antena yang diproduksi oleh Cobham Satcom. Produk dari perusahaan tersebut tidak diragukan lagi, karena banyak perusahaan yang bekerja-sama dengan mereka terkait produksi antena, terutama yang berhubungan dengan Emergency SOS ini.

Terlepas dari itu, Apple mengatakan bahwa fitur iPhone 14 ini akan mulai beroperasi pada akhir November. Jadi bagi kamu pengguna iPhone 14 yang bertanya-tanya mengapa fitur Emergency SOS tidak bisa digunakan, mungkin penyebabnya ini kali ya!

What's your reaction?

Related Posts