Google Wallet Hadirkan Fitur Baru ‘Bayar Transportasi Tanpa Verifikasi ID’

Neli Rahmawati

Neli Rahmawati

Fitur terbaru dari Google Wallet memungkinan pengguna untuk menggunakan transportasi tanpa adanya verifikasi ID. Tetapi, kehadirannya di Indonesia masih menunggu kemungkinan di masa depan.

Ilustrasi Layanan Penggunaan Transportasi tanpa Verifikasi ID

Ilustrasi Layanan Penggunaan Transportasi tanpa Verifikasi ID

Sekarang, pengguna Google Wallet dapat menggunakan kartu bank mereka untuk membayar transportasi umum tanpa perlu memverifikasi identitas. Menurut laporan dari Phone Arena (27/3), fitur ini dirancang khusus untuk penggunaan Metro Bus dan kereta antar kota.

Secara umum, pengguna harus melakukan proses verifikasi identitas dengan menggunakan pemindai sidik jari atau memasukkan kode PIN ketika menggunakan kartu debit atau kredit untuk melakukan pembelian.

Namun, Google telah menghadirkan fitur terbaru yang memungkinkan pengguna untuk melewati langkah verifikasi ini khususnya saat melakukan pembayaran untuk transportasi umum.

Baca Juga: Apple Pakai Chatbot Google Gemini untuk Dukung Fitur AI

Cara Aktifkan Fitur Baru Google Wallet

Google Wallet Hadirkan Fitur Baru ‘Bayar Transportasi Tanpa Verifikasi ID’

Bagi pengguna yang ingin mengaktifkan fitur ini, mereka dapat membuka “Pengaturan Verifikasi” baru yang tersedia di Google Wallet. Di pengaturan ini, pengguna dapat memilih apakah mereka ingin melakukan verifikasi saat menggunakan metode pembayaran untuk transportasi atau tidak.

BACA JUGA:  Cara Melacak Foto Apakah Asli atau Palsu dengan Google Images

Prosesnya sangatlah sederhana, hanya perlu membuka aplikasi Google Wallet, mengetuk ikon profil di sudut kanan atas, dan memilih Pengaturan Wallet. Di bawah opsi baru ini, pengguna dapat memilih untuk menonaktifkan fitur “Verifikasi yang Diperlukan” khusus untuk pembayaran transportasi.

Walaupun tidak perlu verifikasi untuk pembayaran transportasi, pengguna tetap harus melakukan verifikasi identitas ketika menggunakan Google Wallet untuk pembelian lainnya. Hal ini penting agar terhindar dari penyalahgunaan jika ponsel pengguna jatuh ke tangan yang tidak tepat.

Baca Juga: Mengenal Fitur Social Learning AI dari Google, Gimana Cara Kerjanya?

Sebelumnya, Google Wallet telah memperkenalkan pembayaran versi terbaru mereka di konferensi tahunan I/O pada bulan Mei tahun lalu. Namun, sayangnya, Indonesia tidak termasuk dalam daftar 60 negara yang bisa mengakses layanan ini.

Layanan Wallet ini telah diperluas ke banyak negara di dunia, termasuk Armenia, Australia, Austria, Azerbaijan, dan banyak lagi. Daftar negara yang tercakup termasuk berbagai wilayah, seperti Eropa, Amerika, Asia, dan Australia.

BACA JUGA:  Oppo dan OnePlus Bakal Dapat Keunggulan Gemini Ultra AI dari Google

Google Wallet menjadi sebuah solusi pembayaran yang semakin signifikan dalam era digital saat ini, karena mempermudah pengguna dalam melakukan transaksi baik secara online maupun offline. Namun, saat ini, pengguna di Indonesia masih harus bersabar dan menunggu kemungkinan kehadiran layanan pembayaran di negara ini.

Baca Juga:

GoogleGoogle Walletlayanan pembayaran

Related Posts