Teknodaim

    Beberapa Hari Lagi, Exynos 1080 Akan Diresmikan Samsung?

    Persaingan dari jagat teknologi smartphone sekarang semakin menarik, baru-baru ini Apple meresmikan iPhone mereka yang menggunakan Chipset 5 nanometer. Sekarang giliran SoC besutan Samsung yakni Exynos 1080 yang akan rilis dengan pabrikasi yang sama, 5nm. Informasi mengenai chipset terbaru Samsung ini bersumber dari Leaker yang seringkali membocorkan banyak hal dalam dunia teknologi ponsel yakni Ice […]

    Exynos 1080 Rilis By Teknodaim

    Chipset 5G Ciptaan Samsung | Mysmartprice.com

    Persaingan dari jagat teknologi smartphone sekarang semakin menarik, baru-baru ini Apple meresmikan iPhone mereka yang menggunakan Chipset 5 nanometer. Sekarang giliran SoC besutan Samsung yakni Exynos 1080 yang akan rilis dengan pabrikasi yang sama, 5nm.

    Informasi mengenai chipset terbaru Samsung ini bersumber dari Leaker yang seringkali membocorkan banyak hal dalam dunia teknologi ponsel yakni Ice Universe. Dan seringkali bocoran pengguna satu ini akurat, kemungkinan besar pula perihal Exynos 1080.

    Jadwal Rilis Exynos 1080

    View post on X
    Sumber Informasi Exynos 1080 Siap Rilis

    Berdasarkan bocoran atau informasi yang masih berstatus sebagai rumor dari Ice Universe, 12 November tahun ini akan menjadi tanggal perilisannya. Dengan demikian, berarti hanya menunggu beberapa hari lagi saja sampai tiba perilisan resmi bila benar informasi tersebut akurat.

    BACA JUGA:  3 Fitur Baru yang Ada di Kamera Samsung Galaxy S20 FE

    Ice Universe menyampaikan bahwa SoC satu ini akan benar-benar Samsung publikasikan pada sebuah ajang konferensi di Shanghai, China tanggal 12 bulan ini.

    Exynos 1080 sendiri merupakan generasi baru yang kemungkinan Samsung ciptakan sebagai penerus Exynos 980. Chipset itu bakal menjadi SoC baru sang produsen Korea Selatan untuk kelas menengah. Sebelumnya, Exynos 980 Samsung tanamkan pada beberapa ponsel kelas menengah seperti Galaxy A71 5G dan juga A51 5G.

    CPU yang Samsung gunakan sendiri terdiri dari core utama Cortex-A78. Sedangkan untuk urusan grafis alias GPU, Exynos 1080 menggunakan menggunakan Mali G78. Tentu keduanya menjadi kombinasi yang punya performa lebih baik ketimbang Exynos 980, mungkin signifikan. Tentu kita penasaran dengan performa Exynos 1080 yang siap rilis.

    Langkah Khusus Samsung Untuk SoC

    Beberapa Hari Lagi, Exynos 1080 Akan Diresmikan Samsung?
    Bocoran Exynos 1080 Siap Rilis | Gizmochina.com

    Rupanya ada satu fakta yang menarik, yang mana jika benar apa yang Ice Universe sampaikan maka ini menjadi pertama kalinya Samsung mengadakan acara khusus perilisan Chipsetnya. Sehingga kita bisa mengasumsikan bahwa bahwa Samsung sekarang lebih serius untuk mengeksplorasi produksi chipset mereka.

    BACA JUGA:  Berikut Spesifikasi Tablet Stylish Samsung Galaxy Tab A7

    Hal ini bisa menjadi tepat, pasalnya bila kalian perhatikan Exynos menjadi salah satu Chipset yang seringkali mendapat kritikan. Entah secara langsung atau melalui sindiran, penulis juga beberapa kali menemukan kritikan mengenai performanya.

    Banyak yang mengatakannya bahkan jauh lebih buruk ketimbang Snapdragon series buatan Qualcomm. Namun secara fakta, hal ini memang benar, nyatanya dari beberapa pengujian yang sempat penulis lakukan pada beberapa produk Samsung kelas menengah.

    Kritik seperti ini tampaknya mendorong Samsung untuk melakukan perubahan signifikan terhadap chip produksi mandiri mereka. Mereka juga sudah mulai melakukan transisi dengan tidak menggunakan CPU Mongoose lagi, namun memilih core buatan ARM.

    Selain itu, Samsung juga tidak akan lagi menggunakan teknologi GPU Mali, namun memilih untuk menggunakan GPU buatan AMD mulai tahun depan. Kembali soal Exynos 1080, ada bocoran skor benchmark yang memperlihatkan Exynos 1080 mendapat skor lebih tinggi dari Snapdragon 865 Plus yang dibuat dengan proses 7nm. Padahal Exynos 1080 disebut bakal menjadi otak untuk ponsel kelas menengah. Sementara Snapdragon 865 Plus adalah SoC untuk ponsel flagship, namun untuk kepastiannya kita nantikan perilisan resminya saja, oke.

    BACA JUGA:  Perbedaan Samsung Galaxy A51 dan Galaxy A71, Mana Lebih Macho?

    Bila kamu punya tanggapan atau prediksi soal Exynos 1080 yang siap rilis, tulis saja pada kolom komentar yang ada. Kita juga bisa berdiskusi mengenai hal ini dengan seksama.


    Sumber: Detik Inet

    ExynosExynos 1080samsung

    In This Article

    Related Posts