menu
Teknodaim.com
Teknodaim.com Berita Beberapa Hari Lagi, Exynos 1080 Akan Diresmikan Samsung?

Beberapa Hari Lagi, Exynos 1080 Akan Diresmikan Samsung?

Exynos 1080 Rilis By Teknodaim

Persaingan dari jagat teknologi smartphone sekarang semakin menarik, baru-baru ini Apple meresmikan iPhone mereka yang menggunakan Chipset 5 nanometer. Sekarang giliran SoC besutan Samsung yakni Exynos 1080 yang akan rilis dengan pabrikasi yang sama, 5nm.

Informasi mengenai chipset terbaru Samsung ini bersumber dari Leaker yang seringkali membocorkan banyak hal dalam dunia teknologi ponsel yakni Ice Universe. Dan seringkali bocoran pengguna satu ini akurat, kemungkinan besar pula perihal Exynos 1080.

Jadwal Rilis Exynos 1080

Sumber Informasi Exynos 1080 Siap Rilis

Berdasarkan bocoran atau informasi yang masih berstatus sebagai rumor dari Ice Universe, 12 November tahun ini akan menjadi tanggal perilisannya. Dengan demikian, berarti hanya menunggu beberapa hari lagi saja sampai tiba perilisan resmi bila benar informasi tersebut akurat.

JANGAN LEWATKAN •
Spesifikasi dan Harga Ponsel Samsung Galaxy Z Fold2 di Indonesia

Ice Universe menyampaikan bahwa SoC satu ini akan benar-benar Samsung publikasikan pada sebuah ajang konferensi di Shanghai, China tanggal 12 bulan ini.

Exynos 1080 sendiri merupakan generasi baru yang kemungkinan Samsung ciptakan sebagai penerus Exynos 980. Chipset itu bakal menjadi SoC baru sang produsen Korea Selatan untuk kelas menengah. Sebelumnya, Exynos 980 Samsung tanamkan pada beberapa ponsel kelas menengah seperti Galaxy A71 5G dan juga A51 5G.

CPU yang Samsung gunakan sendiri terdiri dari core utama Cortex-A78. Sedangkan untuk urusan grafis alias GPU, Exynos 1080 menggunakan menggunakan Mali G78. Tentu keduanya menjadi kombinasi yang punya performa lebih baik ketimbang Exynos 980, mungkin signifikan. Tentu kita penasaran dengan performa Exynos 1080 yang siap rilis.

Langkah Khusus Samsung Untuk SoC

Bocoran Exynos 1080 Siap Rilis By Teknodaim
Bocoran Exynos 1080 Siap Rilis | Gizmochina.com

Rupanya ada satu fakta yang menarik, yang mana jika benar apa yang Ice Universe sampaikan maka ini menjadi pertama kalinya Samsung mengadakan acara khusus perilisan Chipsetnya. Sehingga kita bisa mengasumsikan bahwa bahwa Samsung sekarang lebih serius untuk mengeksplorasi produksi chipset mereka.

JANGAN LEWATKAN •
Refresh Rate Layar Samsung Galaxy S11 Mencapai 120 Hz?

Hal ini bisa menjadi tepat, pasalnya bila kalian perhatikan Exynos menjadi salah satu Chipset yang seringkali mendapat kritikan. Entah secara langsung atau melalui sindiran, penulis juga beberapa kali menemukan kritikan mengenai performanya.

Banyak yang mengatakannya bahkan jauh lebih buruk ketimbang Snapdragon series buatan Qualcomm. Namun secara fakta, hal ini memang benar, nyatanya dari beberapa pengujian yang sempat penulis lakukan pada beberapa produk Samsung kelas menengah.

Kritik seperti ini tampaknya mendorong Samsung untuk melakukan perubahan signifikan terhadap chip produksi mandiri mereka. Mereka juga sudah mulai melakukan transisi dengan tidak menggunakan CPU Mongoose lagi, namun memilih core buatan ARM.

Selain itu, Samsung juga tidak akan lagi menggunakan teknologi GPU Mali, namun memilih untuk menggunakan GPU buatan AMD mulai tahun depan. Kembali soal Exynos 1080, ada bocoran skor benchmark yang memperlihatkan Exynos 1080 mendapat skor lebih tinggi dari Snapdragon 865 Plus yang dibuat dengan proses 7nm. Padahal Exynos 1080 disebut bakal menjadi otak untuk ponsel kelas menengah. Sementara Snapdragon 865 Plus adalah SoC untuk ponsel flagship, namun untuk kepastiannya kita nantikan perilisan resminya saja, oke.

JANGAN LEWATKAN •
Spesifikasi Samsung A80, Smartphone dengan Satu Kamera Pop-up Bolak Balik

Bila kamu punya tanggapan atau prediksi soal Exynos 1080 yang siap rilis, tulis saja pada kolom komentar yang ada. Kita juga bisa berdiskusi mengenai hal ini dengan seksama.


Sumber: Detik Inet

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks