Teknodaim

    Data Para Pengguna Aplikasi Cermati.com Dibobol

    Akhir-akhir ini media sosial tengah ramai dengan perbincangan mengenai Data para pengguna Aplikasi Cermati.com yang kabarnya Dibobol oleh seorang Hacker. Terdapat banyak sekali data pengguna yang hilang dan pelaku bawa lari atau jual ke beberapa forum ilegal. Sehingga membuat team startup Cermati.com cukup kesusahan dalam melacak lokasi pelaku tadi. Yang jelas hal tersebut sangat membuat […]

    Data Pengguna Cermati.com Dibobol

    Ilustrasi Hacker | Thinkstock

    Akhir-akhir ini media sosial tengah ramai dengan perbincangan mengenai Data para pengguna Aplikasi Cermati.com yang kabarnya Dibobol oleh seorang Hacker. Terdapat banyak sekali data pengguna yang hilang dan pelaku bawa lari atau jual ke beberapa forum ilegal. Sehingga membuat team startup Cermati.com cukup kesusahan dalam melacak lokasi pelaku tadi.

    Yang jelas hal tersebut sangat membuat panik para pengguna layanan Cermati.com, apalagi data yang pelaku curi adalah semua data penting termasuk rekening hingga nama kartu keluarga penggunanya. Untuk informasi lebih detailnya, kamu bisa simak berikut ini.

    Data Pengguna Cermati.com yang Bocor

    Awalnya, berita ini berasal dari sebuah postingan pada Twitter Teguh Aprianto yang mengungkapkan bahwa data pengguna cermati.com mengalami kebobolan. Kemudian banyak pengguna yang mencari tahu dan segera melaporkan kasus ini. Sebagaimana seperti yang tertera pada gambar berikut ini:

    BACA JUGA:  5 AI untuk Mengerjakan Excel dengan Cepat dan Mudah
    Data Para Pengguna Aplikasi Cermati.com Dibobol
    ScreenShot Postingan Twitter Teguh Aprianto

    Menurut sumber yang tertera, terdapat sekitar 2,9 Juta data dari platform teknologi finansial asal Indonesia yaitu cermati.com yang dibobol. Tidak lama setelah itu, terdapat bukti bahwa data yang bobol tersebut ternyata sudah mencapai angka 34 Juta dan sudah pelaku jual ke forum hacker. Selain itu, Teguh juga mengatakan bahwa Data pengguna yang pelaku jual juga tidak terbilang kecil yaitu senilai 2.200 Dollar AS atau sekitar 32 Juta.

    Kasus tersebut kemudian sudah pihak Cermati akui melalui e-mail blast bahwa terdapat beberapa pihak yang menyusup ke dalam sistem cermati.com secara ilegal atau tidak resmi. Team Cermati juga segera Mengambil langkah-langkah untuk menangani sistem keamanan yang lebih baik. Serta cara mengatasi kasus dari kebobolan data saat ini.

    Tips Agar Aman dari Teknodaim

    Data Para Pengguna Aplikasi Cermati.com Dibobol
    Ilustrasi Peretasan | PCWorld.com

    Apabila kamu merupakan salah satu dari pengguna aplikasi Cermati tersebut. Teknodaim menyarankan untuk segera mengamankan privasi seperti mengganti password, memverifikasi email dan memperkuat sistem keamanan lainnya. Karena walaupun pelaku sudah berhasil membobol, setidaknya kamu bisa mempersulitnya dengan memperkuat sistem keamanan pada akunmu.

    BACA JUGA:  7 Aplikasi Dompet Digital yang Populer di Indonesia

    Itu saja informasi mengenai data para pengguna Cermati.com yang Dibobol oleh Hacker. Kalau kamu punya pertanyaan ataupun informasi tambahan mengenai hal tersebut, bisa langsung aja tulis ke kolom komentar yang sudah Teknodaim sediakan.


    aplikasiData PenggunaHackerTwitter

    In This Article

    Related Posts