menu
Teknodaim.com
Teknodaim.com Berita Data Akun Pengguna Spotify dibobol Hacker, Begini Kronologinya!

Data Akun Pengguna Spotify dibobol Hacker, Begini Kronologinya!

Headphones Are Seen In Front Of A Logo Of Online Music Streaming Service Spotify In This Illustration Picture Taken In Strasbourg

Salah satu Layanan streaming musik terbaik yakni Spotify, beberapa waktu yang lalu sempat melakukan reset password lebih dari 350 ribu akun demi mengurangi risiko pencurian data akun pengguna Spotify. Hal tersebut memang sengaja mereka lakukan karena adanya laporan dari peneliti keamanan siber yang menemukan kalau data Spotify sebesar 72GB tidak terenkripsi secara online. Yang artinya sudah rentan hacker pegang dan salah gunakan.

Menurut sumber dari situs Detik Inet, dari 72GB data yang bobol tersebut, berisi lebih dari 380 juta kredensial login dan data pengguna lain yang divalidasi terhadap layanan streaming music Spotify. Meskipun buat kamu yang membuka aplikasi ini hanya untuk memutar lagu saja, tapi untuk orang-orang yang memasang data akun pengguna Spotify dengan identitas asli. Maka akan sangat berbahaya dan bisa menimbulkan kesalahpahaman atau berita Hoax.

Data Akun Pengguna Spotify yang diBobol

Rotem dan Locar selaku Peneliti Keamanan Siber menduga adanya data bocor yang berpotensi pelaku gunakan untuk membajak akun Spotify dengan menggunakan kata sandi yang sama dengan layanan lain. Serangan itu mereka beri sebutan ”Penjejalan Kredensial” yang mempunyai arti pembobolan secara ilegal dari sumber lain yang nantinya mereka gunakan kembali untuk melakukan serangan ke layanan lainnya.

JANGAN LEWATKAN •
Akun Twitter Para Tokoh Petinggi Diretas, FBI Turun Tangan!
Data Akun Pengguna Spotify 1
Ilustrasi Hacker | Shutterstock

Atas laporan yang sudah sangat jelas ini, Spotify menyatakan bahwa mereka sudah memulai penyetelan ulang password lebih dari 350.000 akun penggunanya. Dalam rangka untuk mengurangi risiko akun menjadi aman dari para hacker yang saat ini bisa menyusup dengan mudah karena adanya serangan ”Penjejalan Kredensial”.

Saran dari Spotify untuk Penggunanya

Kalau kamu merupakan salah satu pengguna layanan streaming music bernama Spotify ini, meskipun mereka sudah melakukan reset secara manual untuk akun-akun yang terancam keamanannya. Tapi untuk kamu yang merasa tidak mendapatkan penggantian password dari Spotify tersebut, alangkah baiknya untuk ikut juga mengganti password lagi karena belum ada kepastian apakah serangan hacker ini masih berlanjut atau tidak.


Itulah informasi dari Teknodaim terkait Data Akun Pengguna Spotify dibobol Hacker yang kami rangkum dari sumber yang sudah tertera. Kalau beberapa dari kamu ada pertanyaan atau informasi lebih lanjut terkait artikel ini, bisa tulis aja langsung ke kolom komentar yang sudah tersedia.

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks