Berita

Ponsel Kamu Dikloning? Berikut Ciri-Cirinya

Ponsel saat ini sudah seperti sahabat manusia untuk menghabiskan waktu sehari-hari siapa saja. Mulai dari foto, chatting hingga banking dapat kamu kelola dan simpan dalam ponsel tersebut. Tapi, bagaimana jika ponsel kamu diretas atau terkena kloning oleh orang lain tanpa kamu sadari? Maka data-data yang kamu simpan tadi otomatis dapat pelaku ketahui. Hal ini merupakan salah satu bentuk nyata dari ciri ciri ponsel kena kloning.

Terdapat banyak cara yang bisa pelaku gunakan untuk membajak ponsel seseorang. Sesuai yang kita ketahui, bahwa sebagian ponsel memiliki kartu SIM dengan nomor IMEI yang terlindungi oleh kode rahasia yang mencegah intersepsi over-the-air.

Akan tetapi, jika pengguna mengeluarkan kartu SIM lalu kembali menempatkannya pada SIM reader selama selang beberapa menit, seseorang akan mendapatkan celah untuk menyalin semua kredensial atau data pengguna untuk dimasukkan ke SIM kosong.

Ciri-Ciri Apakah Ponsel Kamu Terkena Kloning atau Tidak

Walaupun demikian, setidaknya kamu bisa mengetahui dan mewaspadai ciri-ciri ponsel yang terkena kloning. Berikut 4 ciri-ciri mengenai ponsel yang sudah terkena kloning:

Ciri Ciri Ponsel Kena Kloning
Ilustrasi Smartphone Habis Baterai | Pixabay

Baca juga: Tips Menghindari Phising Penipuan di Facebook!


1. Mendapat Pesan dari Pengguna yang Tidak Dikenali

Sebenarnya yang mengirim pesan dengan nomor tidak kamu kenali tersebut, bisa saja adalah teman atau kerabatmu yang mengganti nomor baru. Tetapi, kamu mesti tetap waspada karena tetap ada kemungkinan bahwa itu adalah nomor pelaku yang ingin melakukan kloning.

2. Mendapat Pesan Mendadak yang Meminta Untuk Melakukan Restart Device

Ini merupakan tanda yang paling wajib kamu waspadai, karena pada saat melakukan sistem restart kamu tidak akan tahu ponsel kamu sedang pelaku bajak. Selagi melakukan restart, perangkat akan memberikan celah kepada para pelaku yang mungkin akan mengkloning ponselmu.

3. Tidak ada Pesan atau Telepon Masuk Sama sekali

Kalau kamu mengalami hal yang janggal, seperti kamu sering mendapat notifikasi chat atau sering mendapat telpon. Kemudian besoknya tiba-tiba ponsel kamu menjadi sunyi, sebaiknya kamu check terlebih dahulu apakah datamu aman atau tidak.

Kalau memang begitu, berarti ponsel kamu sudah teretas atau pelaku kloning. Data mengenai pesan dan telepon pada ponselmu bisa berubah drastis dalam waktu yang singkat.

4. Ciri Khas Utama dari Ponsel yang Terkena Kloning yaitu Lokasi GPS Berbeda

Jika lokasi GPS menunjukkan ponsel berada pada lokasi yang tidak tepat, kamu harus langsung mengamankan datamu. Kamu bisa menggunakan aplikasi Find My Device untuk mengetahui lokasi dari perangkat ponsel kamu.

Apabila Lokasi berbeda dengan yang kamu tempati sekarang, akan lebih baik kalau memperkuat sistem keamanan dengan mengganti password atau mematikan akses ke perangkat aplikasi tertentu, sampai kondisi benar-benar aman.


Bagi kamu yang ingin memberikan pendapat terkait Ciri Ciri Ponsel Kena Kloning, bisa langsung aja tulis ke kolom komentar yang sudah kami sediakan.


Sumber: Detik Inet

Related Posts