menu
Teknodaim.com
Teknodaim.comBeritaChipset Terbaru Samsung Exynos 1080 Cocok untuk Keperluan Gaming

Chipset Terbaru Samsung Exynos 1080 Cocok untuk Keperluan Gaming

Chipset Terbaru Samsung Exynos 1080

Belum lama ini, Samsung resmi mengumumkan telah merilis Chipset dengan System-on-Chip (SoC) teranyar untuk Smarthpone kelas menengah, yakni Exynos 1080. Yang menawarkan fabrikasi 5nm dengan menggunakan teknologi EUV FinFET sekaligus menjadi SoC berukuran 5nm pertama dari brand Samsung.

Berkat teknologi EUV FinFET tersebut, Exynos 1080 Samsung klaim mampu memberikan performa yang lebih mumpuni ketimbang generasi-generasi sebelumnya. Bahkan, ada kabar yang mengatakan kalau performa Exynos 1080 mendekati performa dari Chipset Flagship pada umumnya. Untuk lebih detailnya, kamu bisa simak informasi berikut ini yang sudah Teknodaim rangkum secara ringkas menurut sumber yang tertera.

Performa dari Chipset Exynos 1080

Mengenai performa dari Chipset Exynos 1080 ini, dia mengandalkan CPU dengan kecepatan berjenis octa-core yang Samsung klaim lebih tinggi 50% dari kinerja prosesor single-core generasi sebelumnya. Jadi cocok untuk kamu yang hobi bermain game mobile seperti Mobile Legend, COD Mobile Hingga PUBG Mobile pun cukup kuat.

JANGAN LEWATKAN •
Berikut Perbandingan Chipset Exynos dengan Snapdragon
Chipset Terbaru Samsung Exynos 1080 3
Chipset Exynos Samsung | SAM Mobile

CPU pada Chipset Exynos 1080 ini Samsung tanami pengolah grafis (GPU) yang cukup terkenal yaitu Mali-G78 MP 10. Dengan NPU yang mampu memproses 5,7 TOPS dan dukungan RAM LPDDR5/LPDDR4x, serta storage UFS 3.1. Yang terdiri dari 4 inti dengan arsiteksur Cortex-A78 (1 x 2,8 GHz + 3 x 2,6 GHz) dan 4 inti lainnya dengan arsitektur Cortex-A55 (4 x 2,0 GHz).

Selain itu, sudah mendukung jaringan dengan konektivitas 4G dan 5G karena Samsung lengkapi dengan modem 5G yang juga terintegrasi untuk mendukung jaringan sub-6 GHz (5,1 Gbps downlink/1,28 Gbps uplink) dan mmWave (3,67 Gbps downlink/3,67 Gbps uplink).

Fitur lain yang terdapat yakni mencakup dukungan layar hingga resolusi WQHD Plus (90 Hz), Full HD Plus (144 Hz), Bluetooth 5,2, WiFi 6 (802.11ax). FM Radio, serta Samsung beri dukungan navigasi GNSS ke beberapa aspek penting seperti GPS, GLONASS, BeiDou, dan Galileo.

JANGAN LEWATKAN •
Chipset Samsung Exynos 1080 Ini Kalahkan Skor Antutu Snapdragon 865+

Ketersediaan Chipset Terbaru Samsung Tersebut

Chipset Terbaru Samsung Exynos 1080 1
Chipset Exynos 1080 | Samsung.com

Menurut beberapa kabar yang beredar, Chipset Exynos 1080 ini kayaknya akan mulai tersedia pada awal tahun 2021 mendatang. Mengenai smartphone pertama yang bakal menggunakan Chipset ini nampaknya bukan produk Samsung, melainkan produk dari Vivo yakni Vivo X60 Series.

Mengenai informasi lebih lanjutnya, Samsung sendiri belum memberitahukan informasi lebih lanjut terkait smartphone seri apa saja yang nantinya akan menggunakan Chipset teranyar ini. Terdapat kemungkinan nanti kalau produk seri Galaxy A mungkin bakal menjadi smartphone pertama Samsung yang menggunakan Exynos 1080.


Mungkin itu saja informasi kali ini mengenai Chipset Terbaru Samsung menurut beberapa sumber yang tertera. Kalau beberapa dari kalian punya pertanyaan atau informasi lebih lanjut, bisa tulis aja langsung ke kolom komentar yang tersedia.

Tambah Komentar