Teknodaim

    Chip yang Langka Membuat Semua Harga HP Baru Naik?

    Pandemi COVID-19 meresahkan semua orang, bahkan semenjak pandemi ini dimulai langsung membuat pasokan Chipset jadi langka.

    Chip Langka Harga Hp Naik 2

    Sumber gambar : Lovepik

    Efek dari Pandemi COVID-19 sampai saat ini tentu sudah membuat masalah besar untuk semua orang. Salah satunya di industri produksi chipset smartphone yang membuat pasokan menjadi semakin langka. Tentunya ini berdampak pada produksi ponsel smartphone baru bagi vendor.

    Langkanya Chipset saat ini melanda semua industri elektronik, bukan hanya dari sektor produksi smartphone. Bahkan ada prediksi yang mengatakan kalau kelangkaan chip ini akan terjadi hingga tahun 2022.

    Imbas Kelangkaan Chipset

    Chip yang Langka Membuat Semua Harga HP Baru Naik?
    Chipset Mediatek Helio P90 | pinterest.com

    Chipset sendiri adalah salah satu komponen yang paling penting dalam pembuatan produk elektronik, seperti misalnya smartphone. Dengan semakin langkanya chip saat ini mengakibatkan terhambatnya pasokan komponen smartphone. COVID-19 menjadi alasan banyaknya pabrik chip di China menghentikan kegiatan produksi nya.

    Keadaan yang terjadi saat ini semakin parah dengan adanya Panic Buying dari perusahaan lain untuk mengamankan stok mereka. Hal tersebut menyebabkan terjadinya kenaikan harga yang sangat tinggi pada chip.

    BACA JUGA:  3 Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus di iPhone

    Banyak chip yang mengalami kenaikan harga secara drastis. Contohnya, Microcontroller dari STMicroelectronics yang mengalami kenaikan sampai tujuh kali lipat dari USD 2 sampai USD 14.

    Perusahaan seperti Samsung, Xiaomi, dan Realme sudah mengkonfirmasi kelangkaan ini, masalah Chipset yang langka kini benar-benar berimbas buruk ke seluruh produsen. Co-CEO dan mobile chief Samsung Electronic yaitu Koh Dong-Jin memberitahukan bahwa telah terjadi ketidakseimbangan permintaan terhadap pasokan prosesor Smartphone buatan Qualcomm.

    Vice President Xiaomi mengungkapkan ” Kelangkaan ini sudah mencapai level ekstrem”. Pasalnya HP Xiaomi yang biasanya menawarkan HP murah meriah, juga ikuti menaikkan harganya. Karena disebabkan oleh masalah yang sedang kita bahas ini yaitu kelangkaan chipset smartphone.

    Semua Produsen Smartphone Tidak Bisa Bergerak Banyak

    Chip yang Langka Membuat Semua Harga HP Baru Naik?
    Para Pekerja Di Foxconn | manufacturing.net

    Sementara itu perusahaan Foxconn juga kena imbas dari Chipset yang langka. Salah satunya Apple yang saat ini merupakan salah satu produsen terbesar Foxconn terpaksa menunda peluncuran iPhone 12 baru dan produk lainnya.

    BACA JUGA:  Harga Poco F3 Terbaru Februari 2022, Ponsel Flagship Paling Menggoda!

    Sementara pada satu sisi permintaan smartphone baru terus meningkat dimasa pandemi, dimana semua orang diharuskan untuk beraktivitas secara jarak jauh. Namun di satu sisi karena meningkatnya permintaan smartphone, membuat tidak seimbangnya antara permintaan dengan pasokan chip untuk pembuatan smartphone itu sendiri.

    Dengan meningkat nya harga chip yang cukup drastis, pabrikan smartphone terpaksa harus membayar mahal dan berimbas pada kenaikan harga stok smartphone baru. Bagaimana tanggapan kamu soal berita Chipset yang langka ini? Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar bawah.


    Sumber: Detik Inet

    Related Posts