Teknodaim

    Di Tahun 2020, China Bakal Punya Satelit Sendiri Untuk Saingi GPS

    Dalam beberapa tahun terakhir ini, China mengembangkan teknologi satelit navigasi mereka sendiri. Dan mungkin di tahun 2020, China bakal punya satelit sendiri yang sudah beroperasi, namanya BeiDou Navigation Satellite System. Satelit mereka tersebut merupakan teknologi yang dikembangkan untuk mampu menyaingi Global Positioning System atau yang lebih akrab disebut GPS. Ini sudah seperti perpanjangan perselisihan antara […]

    China bakal punya satelit by teknodaim

    Stasiun Antariksa Milik China, Tiangong-1 | Jakartainsight.com

    Dalam beberapa tahun terakhir ini, China mengembangkan teknologi satelit navigasi mereka sendiri. Dan mungkin di tahun 2020, China bakal punya satelit sendiri yang sudah beroperasi, namanya BeiDou Navigation Satellite System.

    Satelit mereka tersebut merupakan teknologi yang dikembangkan untuk mampu menyaingi Global Positioning System atau yang lebih akrab disebut GPS. Ini sudah seperti perpanjangan perselisihan antara mereka dan GPS milik Amerika Serikat.

    BNSS VS GPS

    Setelah penelitian dan pengembangan bertahun-tahun, China seperti sudah siap untuk meluncurkan dua satelit terakhir yang akan menyelesaikan pembangunan BeiDou-3 Navigation Satellite System. China bakal punya satelit segera terwujud.

    Ran Chengqi yang merupakan Juru bicara China Satellite Navigation Office mengatakan kalau mereka sudah berhasil meluncurkan satelit yang berisikan inti dari sistem navigasi, dengan jaringan yang menyediakan layanan secara global.

    Di Tahun 2020, China Bakal Punya Satelit Sendiri Untuk Saingi GPS
    Stasiun Antariksa Milik China, Tiangong-1 | Jakartainsight.com

    Dengan demikian, jumlah satelit konstelasi itu sudah ada 24 dan mendekati tahap Finishing. Ran juga mengucapkan kalau satelit terbaru BeiDou, punya tingkat akurasi hingga 5 meter di Asia Pasifik dan 10 meter di bagian dunia lainnya.

    BACA JUGA:  Penjualan Smartphone China Anjlok di Awal 2023, Apple Jadi Raja Pasar Smartphone

    Proyek yang bakal selesai tersebut juga merupakan versi ketiga dari sistem BeiDou. BeiDou 1 sebelumnya terdiri dari tiga satelit, yang menyediakan layanan terbatas pada tahun 2000 dan diberhentikan beroperasi di tahun 2012 lalu.

    Mengenai BeiDou 2

    Sedangkan untuk versi kedua, sistem BeiDou 2 terdiri dari 10 satelit yang menyediakan layanan di wilayah Asia dan sekitarnya. Pada tahun 2015, China mulai mengerjakan versi ketiga yang bisa menyediakan layanan secara global.

    Dan jika sudah meluncur nantinya, BeiDou akan menjadi layanan navigasi global keempat yang ada di dunia, mengikuti GPS milik AS, GLONASS milik Rusia, dan Galileo milik Uni Eropa. Cukup ganas ya negara Tiongkok itu, menurutmu?


    Sumber: Detik Inet

    Related Posts