menu
Teknodaim.com
Teknodaim.com Berita Aplikasi Zoom Bohongi Pengguna Soal Keamanan Enkripsi yang Aman, Ini Cara Mengatasinya!

Aplikasi Zoom Bohongi Pengguna Soal Keamanan Enkripsi yang Aman, Ini Cara Mengatasinya!

Cara Memakai Fitur Keamanan Enkripsi Terbaru Aplikasi Zoom

Bahaya banget, ternyata selama ini aplikasi panggilan video, yaitu Zoom telah membohongi penggunanya sejak tahun 2016 lalu. Maksudnya Zoom dulu mengatakan mereka memiliki keamanan yang ketat. Namun, Federal Trade Commission (FTC) mengungkapkan bahwa selama ini perkataan Zoom tidak ada yang benar.

Mereka juga mengatakan sistem enkripsi aplikasi tersebut jauh lebih rendah dari yang dijanjikan. Selain itu, FTC juga mengatakan sejak tahun 2016 lalu Zoom sudah menyesatkan pengguna dengan mengakui layanannya memiliki enkripsi 256 bit (E2EE). Keamanan tersebut mereka klaim digunakan untuk mengamankan layanan video agar tidak terganggu dengan hal-hal seperti kehilangan data dan lain-lain.

Namun buktinya lihat sekarang, Zoom hanya memberikan keamanan enkripsi dengan tingkat rendah kepada puluhan juta penggunanya. Tidak hanya itu saja, ternyata Zoom juga menyimpan kunci cryptographic di aplikasinya.

Hal tersebut memungkinkan perusahaan untuk mengakses konten milik konsumennya secara bebas. Bahkan FTC juga mengatakan aplikasi Zoom akan menyimpan panggilan video yang kita lakukan sehabis menggunakannya.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Mudah Mengganti Background Zoom di Laptop
Federal Trade Commission (ftc)
Federal Trade Commission (FTC) www.ftc.gov

Berkat FTC Zoom Memperbarui Keamanannya

Setelah mendengar tuduhan ini dari FTC, aplikasi Zoom pun langsung mengumumkan bahwa mereka tidak bermaksud menipu pengguna dan langsung mengamankan aplikasinya dengan enkripsi end-to-end. Dengan begini, langsung ketahuan bahwa Zoom memang benar-benar aplikasi yang bahaya dan telah membohongi penggunanya dari bertahun-tahun lalu.

Saat ini Zoom sendiri telah menambahkan keamanan yang lebih bagus pada aplikasinya. Hal ini terjadi berkat FTC yang mengatakan “kami akan membiarkan aplikasi kalian terus berjalan tapi dengan syarat keamanan yang jauh lebih bagus”.

Untuk bisa menikmati fitur keamanan terbaru dan yang lebih baik lagi dari Zoom bisa kalian ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Cara Mengaktifkan Fitur Enkripsi End-to-End

  • Pertama-tama Buka Zoom versi Web atau Aplikasi
  • Pilih Account Management Account SettingsMeeting Security
  • Pastikan kalian mengaktifkan Allow use of end to end encryptionDefault EnkripsiSave
JANGAN LEWATKAN •
Lagi, Ada Bug di Aplikasi Zoom!
Cara Mengaktifkan Fitur Enkripsi End To End Aplikasi Zoom
Cara Mengaktifkan Fitur Enkripsi End-To- End Aplikasi Zoom | Kompas Tekno

Zoom Sudah Dituduh-Tuduh Dari Dulu

Bagi kalian yang belum tau, sebelumnya aplikasi Zoom ini juga memang sudah dituduh-tuduh dari dulu dan bahkan sering mengalami masalah kehilangan data. Namun sayangnya masih banyak digunakan oleh orang-orang sampai sekarang walaupun mengetahui hal tersebut dengan jelas.


Sumber : Kompas Tekno

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks