menu
Teknodaim.com
Teknodaim.comBeritaCek Lokasi Letusan Gunung dengan Peta Google Maps?

Cek Lokasi Letusan Gunung dengan Peta Google Maps?

Peta Google Maps

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kini memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengecek lokasi kawasan rawan bencana. Terkait dampak letusan Gunung Merapi lewat peta Google Maps. Dengan peta kawasan rawan bencana (KRB) tersebut, pengguna kini jadi bisa mengidentifikasi apakah posisi mereka saat ini termasuk dalam salah satu wilayah yang rawan erosi atau tidak. Sistem Google juga berperan penting dalam melakukan pengecekan ini.

Belum lama ini, status vulkanik Gunung Merapi semakin meningkat, bahkan kini sudah menjadi Level III atau berarti Siaga. Namun dengan GPS pada peta Google Maps ini, warga kini jadi bisa lebih waspada sekaligus mencegah adanya bahaya. Lalu gimana sih cara menggunakannya? Tenang mengenai hal itu, kamu bisa simak informasi dari Teknodaim berikut ini menurut sumber yang tertera.

Cek Lokasi Letusan Gunung

Peta Google Maps
Ilustrasi Google Maps | Pinterest

Sebelum masuk ke caranya, Teknodaim ingin memberitahukan kalau pengguna juga bisa mengidentifikasi lokasi mereka secara langsung melalui browser dan aplikasi. Namun, beberapa peta yang kamu buka pada browser mungkin tak akan punya fitur untuk menentukan lokasi pengguna sebaik peta Google Maps. Sehingga, pengguna harus mencari secara manual apakah posisi mereka masuk kawasan bencana atau tidak. Agar tidak salah paham lagi, cus kita masuk ke caranya sebagai berikut.

JANGAN LEWATKAN •
Google Umumkan Larangan Ini Untuk Pengguna Ponsel Huawei

Cara Cek Lokasi Menggunakan Aplikasi Google Maps

Peta Google Maps 3
Ilustrasi Google Maps | Blog Google
  1. Langkah pertama yang kamu perlukan tentunya yaitu aplikasi Google Maps
  2. Kemudian buka link bit.ly/CekPosisiMerapi
  3. Klik kotak putih kosong pada bagian sudut kanan atas
  4. Pilih akun Google yang ingin kamu pakai untuk membuka peta
  5. Klik sembarang untuk membuka peta
  6. Klik Peta Untuk Cek Posisi Merapi akan tampil pada Google Maps
  7. Kemudian tinggal klik tanda posisi pengguna (ikon dengan bentuk titik target)
  8. Dengan begitu, Google Maps akan memberikan tampilan posisi apakah kamu saat ini berada pada posisi kawasan rawan atau tidak.

Itulah tadi informasi mengenai cara cek lokasi letusan gunung pada peta Google Maps menurut beberapa sumber yang tertera. Teknodaim tidak memberikan cara cek lokasi dengan menggunakan browser karena karena informasinya tidak terlalu pasti. Jangan lupa juga untuk tinggalkan pendapat terkait informasi kali ini pada kolom komentar ya.


Sumber: CNN Indonesia

Tambah Komentar