menu
Teknodaim.com
Teknodaim.com Berita Berikut 5 Tips Agar Terhindar dari Modus Pencurian OTP!

Berikut 5 Tips Agar Terhindar dari Modus Pencurian OTP!

Tips Menghindari Penipuan Kode Otp By Teknodaim

Akhir ini makin banyak orang yang terkena modus pencurian kode OTP (One-Time-Password). Kode OTP berguna untuk memverifikasi akun saat login, dan jika kode ini secara tidak sengaja atau sengaja orang lain ketahui, maka akan sangat berbahaya. Pencuri bisa dengan mudah masuk atau mengakses perangkat. Pada saat inilah tips menghindari penipuan Kode OTP kamu butuhkan.

Kode OTP sangat penting untuk memverifikasi sebuah akun agar dapat login ke sebuah perangkat tertentu supaya aman dari pembobolan dan risiko lainnya. Biasanya pelaku menggunakan kode OTP yang dikirim berupa email atau pesan pada ponsel.

Kode OTP sendiri adalah pesan verifikasi berupa kombinasi angka dan huruf unik yang fungsinya sebagai kode keamanan. OTP harusnya benar-benar dirahasiakan, karena bisa berakibat fatal bila orang lain ketahui apalagi tersebar dalam satu waktu yang bersamaan.

JANGAN LEWATKAN •
Berikut 3 Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Dicuri

Tips Menghindari Modus Pencurian OTP

Agar korban lengah biasanya pencuri ataupun Hacker tersebut akan memberitahukan nama korbannya dengan alasan ingin mengkonfirmasi. Bagi kamu yang sudah pernah ataupun belum pernah mendapat kasus pencurian seperti ini, wajib tau cara mengatasinya. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk terhindar dari pencurian kode OTP.

1. Rahasiakan Kode OTP Milikmu (Tips Menghindari Penipuan Kode OTP Dasar)

Jangan memberi tahu kode OTP kepada sembarang orang, karena jika tidak demikian mereka dapat dengan mudah memasuki perangkatmu dan mencuri data-data pentingmu. Terutama pengguna smarthpone jangan mudah percaya dengan permintaan data yang mengatasnamakan bank atau penyedia layanan.

JANGAN LEWATKAN •
FBI Ciduk Hacker yang Berhasil Membobol Server Nintendo

Apabila mendapatkan email penting, jangan lupa untuk memastikan email tersebut apakah valid atau malah menggunakan kode-kode yang rumit. Kamu dapat memeriksa email atau situs resminya melalui internet.

2. Jangan Membagikan Data Pribadi Ke Media yang Tidak Dikenal

Berhati-hatilah dalam membagiakan data pribadi ke media sosial, karena berpotensi dapat menembus perangkatmu. Dan jangan membagikan data pribadimu ke media yang tidak kamu kenal, dalam hal ini termasuk tanggal, bulan, tahun dan tempat lahir.

Ini biasanya pencuri gunakan pada website-website tidak resmi yang menawarkan hadiah menarik tapi harus login dengan menggunakan data pribadi, atau orang biasa kita kenal dengan sebutan Phishing.

3. Aktifkan Fitur 2FA

Fitur 2 FA adalah fitur kemanan dua langkah pada aplikasi ataupun akun agar dapat memperkuat keamanan. Jangan lupa juga beri kata sandi yang sulit untuk pelaku tebak pada aplikasi penting. Dengan demikian, pencuri jadi kehilangan celah untuk memasuki perangkatmu jika terdapat keamanan yang cukup ketat.

JANGAN LEWATKAN •
10 Kode Perintah yang Jarang Diketahui Pengguna Android, No. 3 Paling Penting!

Baca Juga: Mengenal Spyware, Program Mengerikan yang Biasa Digunakan Hacker


4. Jangan Asal Mendownload Aplikasi

Pencuri juga bisa menanamkan sebuah virus pada aplikasi. Pencuri akan menyuruh korbannya untuk mendownload aplikasi yang sudah ada virus, dengan begitu pencuri bisa mendapatkan akses ke perangkatmu. Pastikan kamu menginstal aplikasi pada Play Store dan mempunyai rating yang sudah jelas. Inilah tips menghindari penipuan kode OTP keempat.

5. Hindari Pesan Forwarding yang Berbahaya

Penipu akan mengirimkan pesan yang dapat membuka kode OTP, setelah itu penipu akan meminta kode tersebut dengan dalih bahwa itu adalah kode miliknya. Hal ini biasa pelaku lakukan untuk menipu korbannya untuk mendapatkan transfer uang tunai.

Pesan Forwarding, maksudnya adalah pesan yang sudah terkonsep dan pelaku rancang sebelumnya untuk menjadi jebakan. Biasanya pesan semacam itu akan pelaku kirim secara masal dengan metode spamming, jadi berhati-hatilah jika ada pesan dari pihak tidak kamu kenal.

JANGAN LEWATKAN •
Jaga Baik-Baik Data WhatsApp Ini Kalau Tidak Mau di Hack Seperti Ini!

Sudah Teknodaim jelaskan beberapa Tips Menghindari Penipuan Kode OTP. Pencurian kode OTP sekarang lagi ramai, jadi kamu harus mempersiapkan pencegahan agar tidak terjadi hal yang tak kamu inginkan pada perangkatmu. Bila kamu punya pengalaman atau tanggapan tersediri, bisa berikan pada kolom komentar yang tersedia.


Sumber: Kompas Tekno

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks